50 Ribu Wisatawan Kunjungi Destinasi Cianjur Setiap Akhir Pekan

Destinasi Cianjur
Bangunan Konservasi Kebun Raya Cibodas, di Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Kunjungan ke destinasi Cianjur, Jawa Barat mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Jawa Barat, setiap akhir pekan tercatat ada 50 ribu wisatawan yang berkunjung.

Kepala Disparpora dan pengelola obyek wisata Cianjur, Pratama Nugraha di Cianjur, Minggu 7 Agustus 2022 mengatakan peningkatan angka kunjungan wisatawan asal Jabodetabek mendominasi ke  sejumlah obyek wisata.

Seperti Kebun Raya Cibodas, Savilage, Taman Bunga Nusantara dan bumi perkemahan di wilayah utara.

“Untuk wilayah selatan Cianjur, Pantai Cemara, Jayanti, Ocean View Karangpotong dan air terjun  ikut penuh,” katanya.

BACA JUGA: Jalur Wisata Cianjur Mulai Dipadati Kendaraan yang Ingin Berwisata

Bbeberapa kecamatan seperti Curug Luhur, Curug Citambur, Curug Ngebul dan Curug Cikondang juga tak luput dari serbuan wisatawan.

“Peningkatan sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir terutama di akhir pekan,” ujarnya.

Peningkatan angka kunjungan sudah terjadi sejak satu bulan terakhir. Terutama setelah adanya sosialisasi, melalui sejumlah kegiatan.

Seperti pameran dan promosi tempat wisata yang menghadirkan  produk unggulan UMKM Cianjur pada gelaran HUT Cianjur ke 345 tahun.

BACA JUGA: Piknik Seru ke Little Venice Kota Cianjur, Serasa Liburan di Italia

Untuk meningkatkan angka kunjungan, pemerintah daerah juga menggencarkan pembangunan infrastruktur jalan menuju tempat wisata.

Target Pembangunan Jalan Beton ke Objek Wisata

Targetnya,  1.000 kilometer jalan beton mulai dari wilayah utara hingga selatan, yang terintegrasi dengan perbaikan jalan provinsi.

“Sebelumnya angka kunjungan tertinggi setiap akhir pekan. Dari seluruh destinasi wisata berkisar antara 20 ribu sampai 25 ribu wisatawan. Namun sepanjang bulan Juli jumlahnya meningkat hingga 50 ribu setiap akhir pekan,” kata Pratama.

Pengelola area perkemahan Taman Cibodas, Deden Ipey, mengatakan kunjungan wisatawan meningkat setiap akhir pekan.

Dan hari biasa sudah terjadi sejak satu bulan terakhir. Hitungan per minggu bisa mencapai 2.000 orang  yang menikmati liburan dalam tenda yang berdiri pada samping sungai.

“Wisata alam seperti area berkemah banyak menarik wisatawan kunjungi destinasi Cianjur sejak pandemi. Mulai berkurang, termasuk suasana air terjun. Selama satu pekan ini, kami banyak mendapat pesanan dari grup wisatawan asal Jabodetabek,” katanya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait