Dihadapan Civitas Akademika Universitas Jember, Sandiaga Ajak Kolaborasi Ini

civitas akademika Universitas Jember
Mentari Pariwisata Sandiaga Uno foto bersama usai memberikan kuliah umum dihadapan ribuan cititas akademika Universitas Jember, Minggu 7 Agustus 2022. Foto: Dok.Kemenparekraf

TURISIAN.com – Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno mengajak seluruh civitas akademika Universitas Jember bisa  berperan aktif.

Utamanya,  dalam mendukung transformasi ekonomi pasca pandemi untuk menjadikan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi dan pembuka lapangan kerja.

“Hari ini saya berterima kasih. Sudah mendapat kesempatan untuk memberikan kuliah umum di Universitas Jember. Yang, civitas akademikanya ada 41 ribu lebih,” kata Sandiaga, usai memberikan kuliah umum di Universitas Jember, Minggu 7 Agustus 2022.

Ia pun mmeberikan apresiasi atas kehadiran para civitas akademika Universitas Jember yang hadir.

“Meski hari Minggu, para mahasiswa tetap antusias mengikuti kuliah umum,” kata Menparekraf Sandiaga Uno .

BACA JUGA: Ingin Melihat Aneka Kucing, Datang ke Jember Mini Zoo

Pembangunan Berbasis Teknologi

Menparekraf Sandiaga Uno semakin optimistis dan menaruh harapan besar pada seluruh civitas akademika Universitas Jember.

Utamanya,  dalam mendorong berkolaborasi mendukung transformasi ekonomi pascapandemi dari ekonomi ekstraktif ke ekonomi kreatif sebagai lokomotif pertumbuhan ke depan.

“Pembangunan yang berbasis teknologi, di mana kita menargetkan terciptanya 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan target di tahun 2024 sebesar 4,4 juta lapangan kerja baru,” kata Sandiaga.

Jember menurut Sandiaga memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Daerah ini juga memiliki paket wisata lengkap.

Mulai dari destinasi wisata alam hingga ragam budaya yang sangat variatif dan dikemas dalam konsep pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

BACA JUGA: Wisata ke Pantai Bandealit Jember, Berjumpa Hewan dan Tumbuhan yang Dilindungi

“Di samping itu Jember sudah menjadi ikon dunia dengan Jember Fashion Carnaval yang tahun ini kembali terlaksana, setelah beberapa tahun absen. Kami akan all out untuk mendukung karena Jember pada subsektor ekonomi kreatif juga sangat memiliki kompetensi,” kata Sandiaga.

“Begitu juga dengan potensi dari komoditas kopi dan cokelat yang saat ini sedang kita kembangkan dalam program ‘Indonesia Spice Up The World’ menjadikan Indonesia sebagai gastronomi unggulan Indonesia,” sambungnya.

Dengan begitu harapanya pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin baik memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Tadi saya cerita bahwa Indonesia menorehkan prestasi (pertumbuhan ekonomi) 5,44 persen di kuartal kedua di mana pariwisata penyumbang terbesar kedua dengan 9,76 persen,” ujar Sandiaga.

BACA JUGA: Aturan Terbaru Transportasi Kereta Api Mudik Lebaran 2022, Seperti Apa?

Komitmen Bersinergi

Semantara itu, Rektor Universitas Jember Prof. Iwan Taruna menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno.

Pihaknya siap berkolaborasi dalam mendukung kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

“Terima kasih luar biasa Mas Menteri karena bersedia hadir ke Universitas Jember. Banyak sekali potensi yang nanti justru akan mendukung program ekonomi kreatif maupun pariwisata sebagaimana sudah terlaksana selama ini,” ungkap Iwan.

BACA JUGA: Tak Mudah Bagi Pelaku Ekraf Tembus Kurasi AKI, Ini Pesan Sandiaga Uno

“Tentu Universitas Jember berkomitmen bersinergi dengan seluruh lembaga baik di tingkat provinsi maupun nasional mendukung program pemerintah,” tambah Iwan Taruna.

Turut hadir mendamping Menparekraf Staf Khusus Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi Kemenparekraf/Baparekraf Syaifullah Agam; Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

Pos terkait