Indonesian Islamic Art Museum Lamongan, Sajikan Koleksi Benda Bersejarah Islam

Indonesian Islamic Art Museum Lamongan
Bangunan Indonesian Islamic Art Museum Lamongan. (dok. Disparbud Lamongan)

TURISIAN.com – Indonesian Islamic Art Museum atau Museum Seni Islam Indonesia merupakan wisata religi dan edukasi yang menyajikan beragam koleksi benda bersejarah Islam terlengkap. Dari peninggalan kerajaan Islam di Indonesia hingga dunia. Keren kan? Sobat Turisian wajib berkunjung ke tempat ini!

Museum Seni Islam Indonesia ini berada di kawasan Wisata Bahari Lamongan (WBL), Jalan Raya Paciran (Eks Tanjung Kodok) Lamongan, Jawa Timur. Objek wisata ini resmi buka untuk umum pada 28 Desember 2017.

Di Indonesian Islamic Art, Sobat Turisian bisa mengenal koleksi bercorak Nusantara. Di antaranya benda-benda bersejarah dari kerajaan Islam di Indonesia, seperti Samudra Pasai, Aceh, Mataram Islam, Gowa Talu, Demak dan masih banyak lainya.

Ada pula berbagai kitab-kitab kuno karangan Walisongo yang usianya sudah lebih dari 1000 tahun. Bukan hanya itu, Sobat Turisian pun bisa melihat koleksi artefak Islam dari berbagai kerajaan Islam dunia. Antara lain Kesultanan Ottoman Turki, Mughal India, dan kedinastian China.

Koleksi Paling Menarik di Museum Seni Islam Indonesia

Benda bersejarah yang paling menarik di tempat wisata Lamongan ini, yaitu baju zirah tentara Ottoman Turki. Berupa baju besi lengan panjang yang berfungsi sebagai pelindung dalam peperangan sepanjang abad 16. Pada puncak kekuasaan Raja Sulaiman Agung.

Baca juga: Gunung Pegat Lamongan yang Eksotis Berbalut Mistis, Melegenda Sejak Masa Kolonial

Kesultanan atau negara yang terkuat di dunia pada waktu itu. Bahkan mereka bisa mengendalikan sebagian besar Eropa Tenggara, Asia Barat, Afrika Utara dan Tanduk Eropa dengan Konstatinoel sebagai ibu kotanya. Serta kekuasaannya meliputi wilayah yang sangat luas di sekitar lengkungan Mediterania.

Baju besi tersebut juga lengkap dengan pelindung kaki, ikat pinggang, pelindung tangan (Bazu Band Hand), pelindung kepala, hingga persenjataan yang lengkap. Semua perlengkapan perang itu ada di sekitar abad ke-16 sampai 18-an. Dan bisa Sobat Turisian lihat dari dekat di objek wisata Lamongan ini.

Ikon Indonesia Islamic Art Museum Lamongan

Ikon dari museum di Lamongan ini juga berupa figur Ksatria Muslim Ottoman dengan baju besi beserta perlengkapan perang yang lengkap. Letaknya berada di tengah-tengah museum dan menjadi spot menarik untuk berfoto bagi Sobat Turisian kala berkunjung ke sini.

Daya tarik lainnya, Museum Seni Islam Indonesia pun menyediakan zona foto atau biasa disebut dengan zona diorama. Zona ini berisi berbagai replika peradaban Islam.

Baca juga: Selain Pecel Lele dan Soto Ayam, Ada Lagi Nih Kuliner Khas Lamongan Lainnya!

Seperti pasar tradisional, toko kelontong, Masjid Cheng Ho, Kapal Cheng Ho, pergudangan Belanda, Toko Persia, Mercusuar Masjid Agung Banten dan masih banyak lainnya. Dengan suasana dan latar yang seakan nyata, sesuai dengan jenis repikanya.

Harga Tiket Indonesian Islamic Art Museum
  • Weekday (Rabu –  Kamis): Rp.20.000 per orang
  • Weekend (Jumat – Minggu, Hari besar Nasional – Musim Libur WBL): Rp. 30.000 per orang *

 

 

 

Sumber: WBL Lamongan

Pos terkait