Bocimi Loop 2022 Diikuti Peserta Dari  Luar Negeri, 390 Goweser Bakal Lintasi Puncak

Bocimi Loop 2022
Ilustrasi. Peserta Gowes melintasi jalan di puncak. Foto: iStock

TURISIAN.com – Bocimi Loop 2022 ternyata tidak saja menarik  goweser dalam negeri, event sepeda dalam rangka Hari Jadi Kota Bogor (HJB) ke- 540 itu ternyata juga ada peserta gowes asing.

“Secara kualitas, peserta yang ikut dalam ajang gowes Bogor, Cianjur, Sukabumi (Bocimi) tahun ini jauh lebih baik. Karena ada juga peserta dari luar negeri. Seperti Jepang, Austria dan Belanda,” kata Hilmi, Ketua Panitia Bocimi Loop 2022 kepada  Turisian.com, Jumat petang, 15 Juli 2022.

Menurut Hilmi, dibandingkan event serupa tahun sebelumnya (2021), peserta yang ikut lebih sedikit ,karena memang ada pembatasan.

“Persiapan pendaftaran yang kami buka juga sangat singkat. Hanya satu bulan. Sebetulnya, animo peserta yang ingin mengikuti event ini cukup tinggi ya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Event Balap Seri MXGP Indonesia Diselingi Festival Musik Don’t Kill Music

Jumlah peserta gowes yang sudah memastikan akan ikut menaklukkan rute yang puncak sebanyak 390 pesepeda.

Melewati Rute Sepanjang 150 Km

Mereka akan melewati rute sepanjang 150 km – elevation gain 2500. Start dari Mall BTM Bogor Jl. Ir. H. Juanda No.68 Kota Bogor, Sabtu 16 Juli 2022.

Ditambahkan Hilmi menyampaikan, beberapa peserta yang datang dari luar kota sudah mulai memasuki Kota Bogor.

Mereka datang dari beberapa daerah seperti Palembang, Semarang, Jakarta, Depok, Kota Bekasi  dan kota-kota lainnya.

“Kalau yang peserta asing, seperti  Jepang, Austria, dan Belanda mereka memang sudah lama bermukim di Indonesia,” ujar Hilmi.

BACA JUGA: Lintang Gowes Ketupat: Saguling Loop 2022 Menempuh Rute 78 Km

Menurutnya, ketertarikan mengikuti event ini karena masih kuatnya daya tarik kawasan wisata Puncak Bogor. Disamping itu, bagi para goweser ada kesan kalau belum melintasi Puncak, serasa belum betul-betul sebagai goweser sejati.

Hilmi menuturkan, kegiatan ini bertajuk bersepeda jarak jauh berbatas waktu dengan ketentuan maksimal 10 jam.

Dalam acara ini pihaknya juga ingin menunjukkan bahwa sepeda tertib lalu lintas dan berbagi jalan atau share the road.

“Acara ini merupakan rangkaian HJB ke-540 dan menyemarakkan HUT Bhayangkara ke-76,” ujarnya.

Masuk Dalam Kalender Event Kota Bogor

Sementara itu, Kepala Dispora Kota Bogor, Herry Karnadi di Kota Bogor, mengatakan kegiatan tersebut masuk dalam kalender kegiatan Kota Bogor.

BACA JUGA: Inilah Finisher Pertama Ajang Gowes ZTZ 2022 Bogor – Bandung, Tempuh Jarak 121 Km

Bertujuan membangkitkan ekonomi daerah melalui wisata olahraga.

Rencananya, kata Herry, Plh Wali Kota Bogor Dedie Rachim  berkenan melepas  pesepeda yang akan  mengelilingi tiga daerah dengan titik start dari mal BTM.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menggairahkan olahraga. Khususnya sepeda  Kota Bogor. Apalagi, semua kegiatan olahraga Kota Bogor sudah mengarah atau mengusung konsep sport tourism,” katanya.

Herry mengatakan peserta akan terlebih dahulu melakukan big ride. Yakni, rombongan mulai start dari Jalan Ir. H. Juanda, ke Jalan Jalak Harupat, Jalan Pajajaran hingga Jalan Siliwangi (Ekalokasari). Dirinya yang langsung memimping rombngan dalam big ride tersebut.

Kemudian para goweser akan bersepeda ke tiga daerah untuk mengejar target waktu. Dan kemudian beristirahat kembali ke  Kota Bogor.

“Harapannya yang dari luar kota bisa menginap dan berbelanja ke Kota Bogor,” ungkapnya. ***

Pos terkait