Tiket Menonton Balapan MXGP Samota Sebanyak 30 Ribu Lembar Ludes Terjual

Tiket Menonton Balapan MXGP
Instagram/@mxgpsamota

TURISIAN.com – Tiket menonton balapan  MXGP (Motocross Grand Prix) Indonesia yang berlangsung di  Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) laku keras.

Sampai, Kamis 23 Juni 2022, sebanyak 30 ribu kembar tiket ludes terjual. Bahkan masih banyak penggemar ajang balapan ini yang mencari slot untuk bisa mendapatkan tiket masuk sirkuit.

“Dari data terakhir sampai Selasa ini,  tiket terjual sudah lebih dari 30 ribu,” kata Komandan Lapangan MXGP Samota, Ridwan Syah di Mataram, Selasa lalu.

Ridwan memperkirakan, jumlah pembelian tiket  akan meningkat hingga mencapai 50 ribu penonton pada pelaksanaan hari-H MXGP pada 24-26 Juni 2022.

BACA JUGA: Ananda Rigi Aditya dan Diva Ismayana Bakal Berlaga di MXGP 2022

“Melihat animo yang tinggi, Insyaallah jumlah penonton bisa lebih dari 50 ribu orang untuk tiga hari,” ujarnya.

Enam Hotel Dipersiapkan Menampung Pembalap

Sementara terkait penginapan, kata Ridwan, pihaknya sudah menyiapkan enam hotel untuk para pembalap, official, dan tamu luar negeri. Posisinya berada pada kawasan Kota Sumbawa Besar.

“Untuk pembalap dan seluruh rombongan tamu luar negeri, jumlahnya sekitar 300 orang. Kita siapkan enam hotel. Dan hari ini sudah mulai masuk hotel secara bertahap,” katanya.

Menurut Ridwan, saat ini pihaknya juga tengah menyiapkan akomodasi untuk penonton domestik dari luar daerah NTB.

BACA JUGA: Sumbawa Siap Gelar Motocross Grand Prix (MXGP) 2022 Indonesia!

“Kita sedang siapkan akomodasi tamu. Berdasarkan inventarisasi sekitar 5 ribu sampai 10 ribu orang dari luar daerah,” ujarnya.

Akomodasi yang tersedia dan sudah fix  saat ini antara lain 800 kamar hotel melati dan penginapan ke Sumbawa dan sekitarnya.

Begitu pun, ada  7.000 unit tenda pada kawasan camping ground sepanjang Teluk Saleh serta  900 homestay rumah penduduk.

“Selain itu, kita juga siapkan hotel terapung, KRI Banjarmasin dengan 400 kamar. Ini semua bisa jadi solusi untuk kekurangan kamar,” katanya.

Mempromosikan Potensi Pariwisata NTB

Sementara itu, lanjut Ridwan–yang juga Kepala Dinas PUPR NTB ini menyatakan kegiatan MXGP Indonesia Samota memiliki nilai strategis untuk mempromosikan potensi pariwisata NTB.

Karena akan mendapat porsi liputan oleh sekitar 50 media massa internasional dari 20 negara peserta MXGP Indonesia Samota 2022.

BACA JUGA: Mengenal Maen Jaran, Tradisi Pacuan Kuda Masyarakat Sumbawa

“Selain animo penonton yang tinggi, MXGP Samota juga akan mendapatkan perhatian langsung oleh sekitar 250 media massa. Terdiri dari 50 media internasional dari 20 negara peserta, 100 media massa nasional, dan 100 media massa lokal,” katanya.

Untuk kenyamanan liputan media massa, pihaknya telah menyiapkan dua unit Media Center yang representatif di kawasan Sirkuit Samota, Sumbawa.

“Sehingga ada dua aspek yang kita dapat. Selain sukses selenggarakan MXGP Indonesia Samota 2022. Kita juga promosikan maksimal potensi pariwisata NTB terutama pada kawasan Samota. Kita promosikan potensi Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora,” tutupnya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait