Sumbawa Siap Gelar Motocross Grand Prix (MXGP) 2022 Indonesia!

MXGP 2022 Indonesia

TURISIAN.com – Usai sukses menggelar ajang MotoGP di Mandalika dan Formula E di Jakarta, Indonesia kembali menjadi tuan rumah ajang balap kelas dunia. Yaitu balapan Motocross Grand Prix (MXGP) 2022 Indonesia.

Ajang Motocross Grand Prix (MXGP) 2022 Indonesia ini merupakan salah satu balapan motocross paling bergengsi di dunia yang sudah ada sejak tahun 1957. MXGP juga berada di bawah naungan yang sama dengan MotoGP, yakni Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Biar lebiih jelas nih ada serba-serbi MXGP 2022 Indonesia di Sumbawa, termasuk harga tiketnya. Namun sebelum nonton MXGP di Sumbawa, ada beberapa hal yang sebaiknya Sobat Turisian ketahui. Ajang balapan yang sama ternyata pernah diadakan di Palembang dan Semarang pada tahun 2019. Namun, MXGP kemudian absen selama dua tahun karena pandemi dan kembali digelar pada tahun 2022.

Ada 33 pembalap dari 24 tim yang akan berkompetisi pada putaran ke-12 dari MXGP/MX2 Motocross World Championship 2022. Catat ya Sobat Turisian, event MXGP 2022 Indonesia akan berlangsung pada 24-26 Juni 2022 di Rocket Motor Circuit Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Wah tinggal menghitung hari Sob!

Baca juga: Pulau Moyo Sumbawa, Destinasi “Great Escape” Selebritas Dunia Seperti Lady Diana

Tiket MXGP 2022 dijual secara online di tiket.com, dengan harga mulai dari Rp100 ribu buat kelas festival sampai Rp2,5 juta dengan fasilitas skybox di lokasi premium. Nantinya harus menukarkan tiket menjadi wristband supaya bisa masuk ke lokasi acara. Jadwal penukaran dari tanggal 22-26 Juni 2022 di Gedung Olahraga Mampis Rungan.

Rocket Motor Circuit Samota-Sumbawa

Rocket Motor Circuit Samota, Sumbawa memiliki keunikan tersendiri, sama seperti sirkuit-sirkuit balap lainnya juga punya keunikan khas. Sirkuit Samota ini lintasannya membentang sepanjang 1,8 km dengan 18 tikungan dan 11 tanjakan.

Kontur berbukit dan lanskap dengan pemandangan alam yang istimewa jadi keunikan sirkuit di Sumbawa ini. Tambah lagi dengan panorama alam Laut Moyo yang ada di seberangnya. Dijamin bisa memanjakan para wisatawan yang datang.

Nah, hal yang bikin pembalap dan penonton makin penasaran yaitu titik start race yang tidak datar. Melainkan turun dan menyamping. Menurut Track Management Sirkuit Sampta, Novel Adi, ini adalah satu-satunya di dunia. Ada pula hal unik lainnya, yakni pohon pulai atau pohon lita yang tumbuh di tengah area balap. Itu adalah ciri khas lain dari sirkuit yang ada di atas bukit tersebut.

MXGP 2022 Indonesia yang berlangsung selama tiga hari ini pun akan makin meriah dengan berbagai hiburan bagi penonton. Ada konser musik yang menampilkan Slank, Denny Caknan & Lala Widi, Voice of Baceprot, dan Tony Q Rastafara, hingga acara pesta kembang api.

Bagi Sobat Turisian yang datang ke sini dan ingin pulang bawa oleh-oleh, bisa belanja aneka produk lokal di Pameran UMKM yang ada di dekat lokasi utama balapan. Pemerintah Kabupaten Sumbawa berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah menyiapkan stand untuk 400 UMKM se-NTB untuk memasarkan produk mereka.

Baca juga: Berpetualang ke Destinasi Wisata di Sekitar Gunung Tambora Sumbawa

Harapannya, dengan adanya semua kegiatan pendamping itu dapat menambah dampak positif dari penyelenggaraan MXGP 2022 Indonesia di Sumbawa. Selain meningkatkan kunjungan wisata, UMKM pun ikut terbantu. Lapangan pekerjaan juga banyak terbuka berkat gelaran ini. Efek jangka panjangnya semoga bisa membuat ekonomi makin membaik.*

 

 

 

Sumber: indonesia.travel

Pos terkait