5 Keseruan di Desa Wisata Alamendah Bandung yang Tak Boleh Dilewatkan

Desa Wisata Alamendah
Sensasi berkemah di Desa Alamendah.

TURISIAN.com – Kawasan Kabupaten Bandung atau sebelah selatan Kota Bandung identik dengan udara dingin, sejuk, dan panorama alam yang asri. Untuk merasakan semua itu, Sobat Turisian bisa berkunjung ke Desa Wisata Alamendah.

Desa Wisata Alamendah terletak di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Cocok sekali buat Sobat Turisian yang ingin menghilangkan kepenatan, namun punya waktu yang terbatas.

Selain pesoan alam, berkat produktivitas masyarakatnya, Alamendah menjadi salah satu desa agronomi termaju di Kecamatan Rancabali, lho! Mulai dari wisata kebun stroberi, pertanian, kopi, buah dan sayur, semua bisa Sobat Turisian nikmati di sini!

Nah berikut ini ada 5 aktivitas seru yang tak boleh Sobat Turisian lewatkan di Desa Wisata Alamendah Bandung!

1. Memetik Stroberi di Desa Alamendah

Desa Wisata Alamendah

Di Desa Wisata Alamendah Bandung, Sobat Turisian tak hanya bisa memetik stroberi sepuasnya. Tapi juga berkesempatan belajar mengenal proses penanaman buah ini dari awal.

Jenis stroberi yang ditanam di kebun milik warga lokal pun cukup beragam. Seperti jenis stroberi enia, mencir, manora, KP belut, dan earlibet.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Sajikan View yang Instagenik

Buat Sobat Turisian yang mau bawa pulang sebagai oleh-oleh, bisa beli langsung stroberi di sini dengan harga sekitar Rp80.000/kg. Selain itu, di sini juga tersedia aneka olahan unik dari buah stroberi, misalnya ayam sambal stroberi. Sobat Turisian wajib coba nih!

2. Berkunjung ke Air Terjun Awi Langit

Air terjun Awi Langit

Air terjun atau yang biasa disebut Curug Awi Langit ini terletak di kawasan Arboretum Park yang masih berada di Desa Wisata Alamendah. Dari pusat desa, Sobat Turisian butuh waktu sekitar 5-10 menit berjalan kaki untuk menuju ke air terjun ini.

Curug Awi Langit cukup menakjubkan karena air terjunnya bertingkat dengan batu alam dan pepohonan hijau di sekitarnya tersebut. Di sini, Sobat Turisian bisa menyegarkan diri sambil bersantai dan bermain air. Jangan lupa swafoto dengan latar air terjun yang ciamik dan instagenik banget!

3. Sensasi Bermalam di Bumi Perkemahan Alamendah

Bagi Sobat Turisian yang menyukai kegiatan di alam bebas, wajib mencoba sensasi bermalam di bumi perkemahan yang ada di Desa Alamendah Bandung. Nikmati sensasi hembusan angin malam bertabur keindahan bintang-bintang di langit, bisa jadi momen paling berkesan.

Sobat Turisian bisa langsung menginap di beberapa spot pilihan bumi perkemahan atau camping ground yang ada di sini. Ada spot Kawah Putih, Punceling Pass, dan Kampung Cai Ranca Upas.

4. Belajar Ragam Seni Tradisional Desa Alamendah

Di desa wisata ini tak hanya menyuguhkan keindahan alam, tapi juga mengajak Sobat Turisian belajar bela diri ini bersama para warga lokal. Selain itu, ada juga kesenian musik tradisional, seperti calung, kecapi suling, hingga tari jaipong. Jadi, Sobat Turisian bisa wisata sekaligus edukasi menambah wawasan.

5. Mengamati Aneka Burung di Alam Bebas

Desa Wisata Alamendah

Satu lagi nih, keseruan dari Desa Wisata Alamendah Bandung, ada atraksi wisata bird watching alias mengamati burung-burung langsung di alam bebas. Karena desa ini memiliki wilayah yang masih terjaga keasriannya, sehingga menjadi rumah dari kurang lebih 124 jenis burung liar yang cantik nan lucu.

Baca juga: Yuk Liburan ke Desa Wisata Guranteng Tasikmalaya, Banyak Objek Wisata Menarik!

Untuk melakukan aktivitas menarik ini, Sobat Turisian bisa melihatnya dengan bantuan teropong binokular. Lebih menarik lagi, kita juga akan mendengarkan cuitan merdu dari berbagai jenis burung yang ada di Desa Wisata Alamendah. Salah satu burung yang sering menunjukkan pesonanya adalah burung kipasan ekor merah (Rufous-tailed fantail).*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait