Disparbud Karawang Minta Tempat Wisata Tutup, Jika Terjadi Ini

Disparbud Karawang
Pengunjung urug Cigentis di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. (Instagram/@cahyadifery)

TURISIAN.com – Disparbud Karawang, Jawa Barat meminta pengelola tempat wisata menutup sementara jika pengunjung wisata sudah membludak.

Atau melampaui batas jumlah pengunjung yang telah ditentukan. Hal ini perlu menjadi perhatian untuk memperkecil terjadinya penularan Covid-19. Karena

Kepala Disparbud Karawang Yudi Yudiawan, dalam keterangan di Karawang, Rabu mengatakan selama masa libur Lebaran 2022 ini tempat wisata di Karawang tetap buka.

Namun ia mengimbau agar pengelola tempat wisata menutup sementara jika sudah melampaui batas jumlah pengunjung yang telah ditentukan selama musim libur lebaran.

BACA JUGA: Destinasi Unik Di Karawang Ini Keren, Limbah Jadi Taman

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus corona atau COVID-19 di wilayah Karawang.

Ia menyampaikan kalau surat imbauan agar pengelola di Karawang menutup sementara tempat wisata yang sudah melampaui batas jumlah pengunjung itu telah disebarkan ke seluruh pengelola tempat wisata.

Dalam surat imbauan itu, kata Yudi Yudiawan, juga disebutkan agar pengelola tempat wisata tetap menerapkan protokol kesehatan, karena saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

BACA JUGA: Objek Wisata di Cirebon Mengalami Peningkatan, Dimana Saja?

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun, pada H+1 arus balik sejumlah tempat wisata di Karawang kini sudah mulai diserbu pengunjung.

Di antaranya tempat wisata Curug Cigentis, pantai Pakisjaya, dan lain-lain.

Pengunjung Curug Cigentis

Pengunjung objek wisata alam Curug Cigentis di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meski  turun sehari setelah libur Lebaran tahun ini, tapi diperkirakan akan melonjak pada akhir pekan nanti.

“Sekarang sehari setelah Lebaran, jumlah pengunjung hanya mencapai 120-130 pengunjung. Berbeda dengan libur Lebaran tahun lalu,” kata Agung,  seorang pengelola wisata alam Curug Cigentis, kepada Antara di Karawang, Selasa.

BACA JUGA: Delegasi G20 Sepakat Ciptakan Iklim Pariwisata Berkelanjutan

Ia mengatakan, pada libur Lebaran tahun lalu, pengunjung membludak, bahkan pengunjung sudah memadati  Curug Cigentis sejak hari pertama Lebaran.

Sedangkan hari kedua  libur Lebaran sekarang ini,  hanya berkisar 120-130 pengunjung.

Namun,  ia memprediksi, jumlah pengunjung Curug Cigentis akan meningkat atau mengalami lonjakan pada akhir pekan nanti.

BACA JUGA: Candi Tikus Trowulan, Alternatif Tujuan Wisata di Mojokerto Jawa Timur

“Para pengunjung objek wisata ini tidak hanya dari Karawang. Banyak pula pengunjung dari luar daerah, seperti dari Bekasi, Purwakarta, Jakarta, Bandung dan lain-lain,” katanya. Agung menyampaikan, kawasan objek wisata ini tidak dibatasi jam kunjungannya, karena buka selama 24 jam.

Objek wisata Curug Cigentis  berlokasi di Desa Mekar Buana Kecamatan Tegalwaru, Karawang. Jarak dari kota Karawang ke lokasi sekitar 45 kilometer.

Curug Cigentis ini menawarkan pemandangan alam dan air terjun. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait