Penyebab Urban Tourism Jadi Wisata yang Digandrungi Milenial Muda

Urban Tourism
Ilustrasi. Urban Tourism. (iStock)

TURISIAN.com – Pernah mendengar istilah urban tourism? Ini adalah salah satu jenis wisata yang sedang digandrungi para milenial muda.

Istilah urban tourism sendiri erat kaitannya dengan bentuk wisata yang berlangsung di aglomerasi manusia dengan populasi yang besar.

Atau singkatnya, urban tourism disebut juga dengan wisata perkotaan yang tentunya dilakukan di kota-kota besar atau kawasan perkotaan di masing-masing negara.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tren urban tourism sangat digandrungi di era modern ini, dan dikutip TURISIAN.com dari fyi.extension.wisc.edu pada Minggu, 24 April 2022, berikut adalah diantaranya:

BACA JUGA: Serlok Bantaran, Tempat Wisata Alam Baru di Kota Bandung

1. Fasilitas Ritel dan Katering

Sudah bukan rahasia jika wisatawan cenderung menghabiskan uang untuk berbelanja oleh-oleh serta makanan ketika berwisata.

Di perkotaan besar terdapat banyak sekali toko-toko yang bisa dengan mudah disinggahi. Dengan melangkahkan kaki beberapa meter saja, hal tersebut mempermudah wisatawan untuk membandingkan harga.

Sejumlah pengusaha bahkan menambahkan toko ritel atau restoran ke sejumlah fasilitas untuk berwisata. Seperti bandara dan stasiun kereta api, dan hal tersebut tentunya bisa membuat para pendatang merasa lebih nyaman.

Dari Muara Angke hingga Pantai Ancol

2. Wisata Tepi Laut

Perairan di kota besar juga selalu berhasil menarik perhatian banyak orang, seperti contohnya di Pantai Ancol maupun Muara Angke.

Jam kerja yang tinggi dengan waktu libur terbatas mengharuskan para pekerja di sejumlah kota besar lebih memilih tempat yang jaraknya dekat untuk menghilangkan penat.

Muara Angke maupun Pantai Ancol hanyalah segelintir contoh lokasi yang kerap menjadi pilihan wisatawan domestik.

Karena tempat-tempat tersebut terletak di pusat kota. Namun dengan daya tarik utama panorama perairan serta wisata kulinernya yang tidak kalah menggoda.

3. Distrik Bersejarah

Sejumlah kota besar seperti Jakarta contohnya. Sangat beruntung karena diberkati dengan warisan budaya seperti deretan bangunan di Kota Tua yang sarat akan sejarah.

Distrik bersejarah di kota besar biasanya juga telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Seperti jalur yang sangat ramah bagi para pejalan kaki. Belum lagi ditambah dengan ragam atraksi jalanan yang dipenuhi dengan kreativitas serta aneka kuliner jalanan yang tersedia.

BACA JUGA: Pilih Camping di Malang atau Yogyakarta? Ini 5 Tempat Wajib Kamu Coba

4. Convention Centers dan Pameran

Sobat Turisian tentunya sudah mengetahui bahwa kota-kota besar memiliki lebih banyak pilihan akan gedung-gedung mumpuni yang biasa digunakan sebagai pusat konvensi atau convention centers.

Hal tersebut mempermudah sejumlah pihak yang berkecimpung di dunia bisnis pameran dalam memilih tempat yang sesuai dengan konsep pameran yang akan digarap.

Perlu diingat, gelaran pameran di sejumlah gedung convention centers saat ini keberadaannya tidak dapat dipisahkan dari perkembangan industri pariwisata.

Keunggulan Layanan

5. Festival

Ukuran festival yang digelar di perkotaan besar sangatlah beragam, mulai dari acara musik hingga acara berkelas dunia seperti Olimpiade.

Dampaknya terhadap industri pariwisata tentu tergantung pada kehadiran serta jumlah pengunjungnya, dan karena jumlah populasi di kota besar biasanya cenderung lebih banyak, maka peluang untung untuk para pegiat usaha pariwisata juga lebih banyak.

6. Distrik Khusus pengunjung

Ini adalah strategi untuk menarik lebih banyak wisatawan, yang memungkinkan para wisatawan untuk berpindah dengan mudah dari satu wahana ke wahana yang lainnya.

Contohnya di Taman Impian Jaya Ancol, wisatawan bisa merasakan keseruan di berbagai wahana di Dufan. Kemudian jika ingin merasakan sensasi yang berbeda bisa ke Sea World.

BACA JUGA: Rasakan Sensasi Berbeda di 4 Wisata Susur Gua Paling Ngehits Di Jabar Ini

Bahkan lokasi Pantai Ancol pun bisa ditempuh dengan menggunakan armada yang selalu wara-wiri untuk mengangkut pengunjung.

Di sini, wisatawan bisa melihat profesionalisme serta keunggulan layanan yang ditawarkan kepada pengunjung dimulai dari keramahan para staf pengelolanya hingga ragam fasilitas penunjang lainnya.

Karena itulah alasan yang akan digunakan para wisatawan untung kembali datang berwisata nantinya.

Seluruh elemen tersebut memang dibangun secara terpisah, namun tiap-tiap elemen memiliki keterkaitan satu sama lain dalam meningkatkan pamor dunia pariwisata khususnya di kota-kota besar yang tentunya berdampak pada pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Pos terkait