Desa Wisata Lembah Asri Purbalingga, Tempat Wisata Petik Stroberi yang Menarik

Desa Wisata Lembah Asri
Desa Wisata Lembah Asri di Purbalingga, Jateng. (source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Desa Wisata Lembah Asri Serang (D’LAS) berada di Purbalingga. Desa ini terkenal sebagai penghasil buah stroberi dan menyajikan wisata petik stroberi sendiri. Sobat Turisian wajib mampir ke desa ini, mencicipi segarnya stroberi dan menikmati keindahan alamnya.

Suasana desa wisata ini sangat nyaman karena tempatnya bersih dan udaranya sejuk. Cocok sekali sebagai tujuan liburan akhir pekan yang bikin fresh setelah penat akibat rutinitas. Selain menikmati keindahan panorama alam dan udara sejuk, Sobat Turisian bisa melakukan aktivitas petik stroberi dan menikmati hasilnya.

Di Lembah Asri Purbalingga terdapat dua tipe kebun stroberi. Ada tipe kebun stroberi petani dengan sistem tumpang sari. Serta tipe menggunakan green house dengan sistem hidroponik. Keduanya punya daya tarik dan keunggulan masing-masing.

Untuk kebun petani letaknya berada di bagian belakang Lembah Asri, paling jauh dari pintu masuk. Sistem tumpang sari digunakan di sana, agar petani bisa menanam daun bawang dan cesmin untuk tambahan penghasilan.

Beda halnya dengan sistem hidroponik, semua yang ada di green house adalah stroberi. Green house yang beratap tembus cahaya, bisa membuat stroberi tetap berbuah walau musim hujan. Meski berbuahnya tidak semaksimal ketika masa panen normal. Tapi cukup melindungi stroberi dari air hujan yang menyebabkan buah cepat busuk dan tentu saja nutrisi stroberi lebih terjaga di green house.

Harga dan kualitas stroberi di dua tipe kebun ini tentu berbeda. Nah jika penasaran ingin masuk ke green house, Sobat Turisian harus mengeluarkan biaya tambahan sekitar Rp15.000.

Aktivitas Wisata di Desa Lembah Asri

Berkunjung ke D’Las sebaiknya saat musim kemarau. Di musim ini, stroberi sedang merah merona dan gemuk ginak-ginuk, baik di kebun petani maupun di green house. Jadi Sobat Turisian dapat menikmati stroberi yang sedang enak-enaknya dan aktivitas petik sendirinya lebih menyenangkan.

Baca juga: Wajib Coba, Sroto Klamud Purbalingga yang Serba Unik dan Sedap

Sobat Turisian tinggal pilih dan petik sendiri stoberi yang diinginkan. Aktivitas ini pun menjadi pengalaman mengesankan, apalagi bagi keluarga yang membawa anak-anak. Kesan memetik stroberi sendiri akan menjadi cerita menyenangkan untuk usia anak-anak.

Tambah seru lagi, di kawasan Lembah Asri juga tersedia wahana yang ramah anak. Seperti, Dino Land yang menjadi wahana baru di Lembah Asri. Di situ, terdapat banyak patung dinosaurus yang bisa bergerak dan berbunyi layaknya dinosaurus sungguhan.

Dino Land dirancang seperti habitat dinosaurus. Anak-anak bisa mengenal beraneka macam binatang purba dan tentu saja berswafoto. Selain itu, ada juga taman bunga, kolam renang, flying fox, playground, taman kelinci, naik kuda, dan wahana lain yang menarik.

Lokasi & Akses ke Desa Lembah Asri

Destinasi agrowisata di Purbalingga ini, masuk wilayah Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.  Berjarak kurang lebih 21 km dari pusat kota Purbalingga.

Menuju ke sana, dari pusat kota Purbalingga Sobat Turisian tinggal ikuti jalan ke arah Pemalang. Lalu belok kiri saat menemui pertigaan Bobotsari. Dari situ tinggal ikuti jalan hingga lokasi D’Las.

Perjalanan ke Desa Wisata Lembah Asri harap hati-hati, karena Sobat Turisian akan menyusuri jalan menanjak berliku. Namun akan etrobati dengan pemanadangan sepanjang jalan yang indah. Jika cuaca sedang cerah, akan tampak Gunung Slamet yang sedang indah-indahnya.

Baca juga: 4 Pusat Kerajinan Tangan di Jateng dan Jogja dengan Harga Miring

Masuk ke tempat wisata D’LAS, Sobat Turisian harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga yang sangat murah untuk menikmati pemandangan kebun stroberi di kaki Gunung Slamet yang memesona.*

 

 

 

 

Pos terkait