Wajib Coba, Sroto Klamud Purbalingga yang Serba Unik dan Sedap

Sroto Klamud
Sroto Klamud dari Purbalingga yang unik dan sedap. (dok. Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Buat yang belum tahu nih, ada masakan soto di Purbalingga Jawa Tengah yang wajib dicoba. Selain rasaya sedap tampilannya pun cukup unik, namanya Sroto Klamud. Malah bukan hanya satu keunikannya, tapi cukup banyak. Pokoknya menarik untuk mencobanya.

Sroto Klamud kini makin populer dengan keunikannya itu. Hal uniknya itu terletak pada campuran isian dan wadah sroto yang berhubungan dengan buah kelapa muda. Sesuai namanya, “Klamud” yang merupakan singkatan dari kelapa muda.

Sementara dari segi campuran isian, uniknya Sroto Klamud Purbalingga mengganti bihun yang biasa ada pada soto lain, dengan serutan kelapa muda. Pemilik reesep ini pun menaburi garam serutan daging kelapa muda dan mengukus selama 30 menit agar rasa mentahnya hilang.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Kuliner Berbagai Daerah di Indonesia

Kemudian terkait wadah soto Purbalingga ini, menyajikannya menggunakan batok kelapa muda langsung. Meski memakai batok kelapa, namun kuahnya tidak menggunakan air kelapa karena akan memberikan rasa asam. Wadah tersebut hanya dipakai untuk satu kali penyajian, jadi cukup aman juga ya, Sobat Turisian!

Keunikan lainnya, saat menyantap makanan khas Purbalingga ini bukan dengan nasi atau ketupat seperti soto kebanyakan. Namun cara unik menikmati sroto ini bersama ciwel, jajanan pasar khas Jawa yang berwarna hitam kecokelatan.

Ciwel ini terbuat dari tepung singkong yang direndam dalam cairan rendaman jerami padi. Memiliki tekstur yang kenyal sehingga menghasilkan kombinasi menarik dan rasa otentik khas Purbalingga.

Semua inovasi keunikan kuliner sroto ini, merupakan ide kreasi Hadiyah Rubi Wahyuni. Berkat racikannya, Sroto Klamud pernah memenangkan perlombaan kuliner di Jawa Tengah. Hingga akhirnya, Hadiyah berani untuk menjualnya secara umum.

Baca juga: Inilah Dangke, Keju Asli Buatan Indonesia Khas Enrekang

Bagi Sobat Turisian yang penasaran untuk mencoba kelezatan dan keunikan Sroto Klamud, cus datang langsung ke kedainya. Lokasinya di Jalan Toyareja, Dusun 1, Toyareja, Purbalingga, Jawa Tengah.*

 

Pos terkait