Ngabuburit Bareng Gatrik, Keliling Kota Ciamis Sepuasnya

Ngabuburit Bareng Gatrik
Foto: Gatrik merupakan singkatan dari Galuh Tour Kota Asik, kendaraan yang mengajak wisatawan berkeliling Kota Ciamis. ( Instagram.com / @bp2dciamis)

TURISIAN.com – Program Ngabuburit Bareng Gatrik adalah salah satu agenda yang dilakukan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) di Kabupaten Ciamis.

Sesuai dengan temanya yakni ngabuburit, bus Gatrik hadir untuk menemani para wisatawan berkeliling Ciamis selama Ramadhan.

Menjadi ikon Ciamis, kehadiran Gatrik diharapkan mampun menumbuhkan potensi wisata dari daerah setempat.

Endang Haris Juanda selaku Ketua BPBD Kabupaten Ciamis mengatakan bahwa, program Ngabuburit Bareng Gatrik ini sebagai bentuk dari daya tarik wisata.

“Semoga saja dengan hadirnya Gatrik ngabuburit ini bisa semakin meningkatkan kunjungan dari wisatawan. Sehingga nantinya juga akan berdampak pada transaksi pembelanjaan di Ciamis,” ucapnya seperti dikutip TURISIAN.com- dari rri.co.id pada Selasa, 12 April 2022.

BACA JUGA: Referensi Oleh-oleh Khas Ciamis Serba Manis

Karena agenda Ngabuburit Bareng Gatrik ini berlangsung di masa pandemi COVID-19, maka protokol kesehatan dalam rangkaian tur keliling Ciamis ini tetap diterapkan dengan ketat.

Seperti 3M, memakai masker, hand sanitizer, serta menjaga jarak satu dengan yang lainnya.

Bagi sobat Turisian yang ingin ngabuburit sambil merasakan sensasi berkeliling Ciamis, simak ulasan berikut. Karena dijamin kalian tidak akan dibuat menyesal setelah ngabuburit bareng Gatrik.

1. Jam Operasional

Khusus selama Ramadhan, Gatrik hadir untuk menemani para wisatawan mulai pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB.

Pemilihan waktu berdasarkan pada pertimbangan dari pihak pengelola yang berpendapat bahwa waktu tersebut sangat cocok untuk digunakan sebagai momen ngabuburit.

Maka para wisatawan tidak perlu merasakan panas dari terik matahari karena keliling bersama Gatrik diselenggarakan di sore hari.

BACA JUGA: Wisata Pangandaran Kembali Menggeliat, Pengunjung Mulai Mengalir

Penunjung Harus Reservasi

2. Rute Perjalanan

Gatrik akan bertolak dari Alun-alun Ciamis, dengan demikian artinya sobat Turisian harus terlebih dahulu pergi tempat tersebut untuk memulai perjalanan.

Tepatnya di Pos Lantas Alun-alun Ciamis. Wisatawan yang ingin menaiki Gatrik harus melakukan reservasi terlebih dahulu dengan biaya sebesar Rp 10.000 per orang.

Namun, bagi yang enggan berdesakkan bisa dengan cara melakukan reservasi. Tidak perlu khawatir karena prosesnya juga bisa dilakukan secara online dengan menghubungi pihak penyelenggara di nomow Whatsapp 0811-1111-3252. Atau dengan datang langsung ke Tourism Information Center.

Kemudian, Gatrik akan dengan senang hati membawamu ke sejumlah tempat ikonik dari Ciamis.

Seperti Gwan Hien, Tic Ciamis, lanjut ke Pasar Manis, Stadion Galuh Ciamis, Museum Galuh Pakuan, Situs Jambansari, Lokasana, Saripohaci, Ex. Kawedanan hingga berakhir di Pendopo Ciamis sebelum akhirnya kembali ke Alun-alun Ciamis.

Bagaimana, paket yang sangat lengkap untuk harga yang tidak masuk akal murahnya bukan?

Bukan itu saja, ketika selama di perjalanan, para wisatawan bisa menikmati panorama Ciamis sambil mendengarkan sejarah dari Kabupaten Ciamis yang nantinya akan disampaikan oleh para pemandu di dalam bus Gatrik.

Lihatlah sejarah perkembangan seni budaya, adat istiadat serta garis besar sejarah dari destinasi yang dikenal sebagai Kota Galuh ini melalui sudut pandang yang berbeda.

BACA JUGA: Uji Adrenalin Menelusuri Lima Labirin Terhebat, Berani Tersesat ?

Sejarah Gatrik

3. Asal-usul Bus Wisata Gatrik

Bagi pecinta budaya pasti sudah tidak asing lagi dengan nama gatrik, karena gatri adalah sebuah permainan anak-anak pada zaman dahulu.

Dimana gatrik biasa dimainkan oleh dua tim, di dalam permainan ini ada tim pemukul yang menggunakan bilah bambu panjang untuk melontarkan batang bambu kecil.

Sementara tim penangkap memiliki tugas untuk menangkap bilah bambu tersebut.

Namun serunya, tim pemukul akan terus menerus memukul hingga pukulannya meleset dari bambu kecil yang digenggamnya.

Dengan mengusung nama gatrik sebagai penamaan bus wisata ini, selain kata tersebut cukup familiar di telinga masyarakat Sunda, juga mampu memberikan nuansa klasik yang seru seperti halnya sensasi keseruan ketika bermain gatrik.

Harapannya adalah, setiap wisatawan yang berkesempatan menaiki bus Gatrik bisa bernostalgia serta memperkenalkan permainan jaman dulu kepada generasi penerusnya.

Ketika berkeliling Ciamis menggunakan Gatrik, jangan lupa untuk mengunggah photo terbaik kalian dan tag akun Instagram @disparciamis dengan hashtag PesonaGaluhNagari ya.

***

Pos terkait