Wahana Ngalun Katulampa, Destinasi Wisata Air Baru di Kota Bogor, Ini Tiket Masuknya

Wahana Ngalun Katulampa
Suasana Wahana Ngalun Katulampa dipenuhi anak-anak yang sedang bermain air. (Foto: Instagram/@wahanangalunkatulampa)

TURISIAN.com – Wahana Ngalun Katulampa yang terletak di Kelurahan Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, mulai mencuri perhatian sebagai destinasi wisata baru.

Meski masih gratis, rencananya pengunjung akan segera dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang dewasa.

Kebijakan ini diambil untuk mendukung biaya perawatan agar wahana ini bisa terus berkelanjutan.

Sementara itu, Lurah Katulampa, Irwansah, menjelaskan bahwa keamanan wahana ini dijaga melalui kolaborasi dengan petugas pintu air Kalibaru di Katulampa.

BACA JUGA: Kuntum Farmfield, Destinasi Edukasi dan Agrowisata di Tengah Sejuknya Bogor

“Kebersihan juga terjamin, dan dipastikan area ini sudah ODF (bebas buang air besar sembarangan),” ujarnya, pekan ini.

Ia menambahkan, Wahana Ngalun mampu menarik ratusan pengunjung setiap akhir pekan, dan beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB.

Sedangkan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Iceu Pujiati, menekankan pentingnya pengembangan Wahana Ngalun sebagai daya tarik wisata (DTW).

Dimana, hal ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bogor.

BACA JUGA: Kafe Rooftop di Kota Bogor Ini Cocok Buat Ngabisi Waktu Akhir Pekan

“Anak-anak bisa bermain di aliran sungai yang dangkal, atau bersantai di atas ban karet yang mengapung di sungai,” ungkap Iceu.

Menurutnya, inisiatif masyarakat ini layak mendapatkan dukungan penuh. Disparbud berencana melakukan pembinaan terhadap pengelola dan masyarakat sekitar. Terutama, untuk memastikan DTW ini berkembang dengan baik.

Iceu juga menyinggung kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, pengelola, dan pihak swasta seperti yang dilakukan Astra Daihatsu di kampung wisata binaan tersebut.

“Targetnya, Wahana Ngalun bisa tumbuh menjadi destinasi wisata air yang besar. Kami juga akan memasukkannya ke dalam layanan informasi pariwisata resmi kota untuk mendukung promosi lebih lanjut,” tutupnya. ***

Pos terkait