LRT Jabodebek Raih Penghargaan di DTKJ Awards di World Skill Competition 2024

LRT Jabodebek
Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa saat menerima piagam penghargaan. (Foto: Dok.PT KAI)

TURISIAN.com – LRT Jabodebek kembali menegaskan kiprahnya sebagai pionir transportasi publik di Jakarta dengan meraih dua penghargaan bergengsi di ajang DTKJ Awards 2024.

Acara yang digagas Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) ini mengusung tema besar “Transportasi Terintegrasi yang Inklusif & Berkelanjutan untuk Jakarta Kota Global”.

Dalam gelaran tersebut, LRT Jabodebek berhasil mengantongi dua predikat silver untuk kategori:

  1. Operator dengan Kelembagaan Terakomodir dalam Pelayanan Disabilitas.
  2. Operator Terbaik Penyedia Sarana dan Prasarana Ramah Disabilitas, Lansia, Ibu Hamil, dan Anak.

Mahendro Trang Bawono, Manager Public Relations LRT Jabodebek, menuturkan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi. Yakni, atas komitmen LRT Jabodebek terhadap pelayanan inklusif.

“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen kami dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengguna, termasuk penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya,” ujar Mahendro.

DTKJ Awards 2024 bertujuan mengapresiasi operator transportasi yang konsisten dalam mewujudkan integrasi, keberlanjutan, dan inklusivitas.

LRT Jabodebek sendiri telah melengkapi pelayanannya dengan beragam fasilitas ramah disabilitas.

Mulai dari guiding block, lift prioritas, toilet khusus difabel, hingga gate dan kursi khusus bagi pengguna kursi roda.

Tak hanya itu, pemasangan platform screen door di seluruh peron turut menjamin keselamatan, terutama bagi anak-anak.

Tak hanya berjaya di dalam negeri, prestasi gemilang juga diukir di kancah internasional.

Pada World Skill Competition ke-47 yang digelar di Lyon, Perancis, 14 September 2024, pekerja LRT Jabodebek, Cahyo Dwi Prayogo, sukses menyabet medali emas.

Kali ini, untuk kategori Rail Vehicle Technology, mengungguli pesaing dari Hong Kong dan Singapura.

Cahyo memamerkan keahliannya dalam menghadapi serangkaian tantangan teknis. Mulai dari pemeliharaan pantograf, pengujian pintu kompartemen penumpang, pemeliharaan bogie, hingga troubleshooting kendaraan.

“Kemenangan ini tak hanya menjadi kebanggaan bagi LRT Jabodebek, tetapi juga mengharumkan nama Indonesia di kancah perkeretaapian dunia,” tegas Mahendro.

“Kami sangat bersyukur atas pencapaian di DTKJ Awards dan World Skill Competition. Keberhasilan ini memotivasi kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan transportasi publik,” tutup Mahendro. ***

Pos terkait