Permata Wisata Tersembunyi di Desa Wisata Cepedak, Dari Sunset Hingga Air Terjun

Permata Wisata
Air terjun Gunung Putri di Desa Wisata Cipedak, Kecamatan Bruno, Purworejo, Jawa Tengah. (Foto: IG/@wisataalamdesacepedak)

TURISIAN.com – Di Kecamatan Bruno, Purworejo, Jawa Tengah, tersembunyi sebuah permata wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Namanya, Desa Wisata Cepedak.

Terkenal dengan panorama matahari terbenam yang unik dan air terjun alami, desa ini menjadi destinasi favorit bagi pecinta alam dan petualang.

Panorama Sunset dari Empat Gunung

Menyaksikan matahari terbenam di Desa Cepedak adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Kepala Desa Cepedak, Sugeng Hariyanto, mengungkapkan bahwa pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset dari empat gunung yang mengelilingi desa ini.

BACA JUGA: Jelajah Keindahan Gunung Gajah Pemalang Jawa Tengah

“Ada empat titik untuk melihat sunset. Yaitu dari Gunung Kaliurang, Puncak Sigendol, Gunung Condong, dan Gunung Lanang,” ujarnya pada Senin, 17 Juni 2024.

Gunung-gunung ini tidak terlalu tinggi, sehingga cocok untuk pendaki pemula yang ingin menikmati keindahan senja tanpa harus berjuang terlalu keras.

Keasrian Curug Gunung Putri

Sementara itu, tak hanya pemandangan senja, Desa Cepedak juga menawarkan keindahan air terjun. Tentunya, dengan suasana  yang masih alami dan asri, seperti Curug Gunung Putri.

Sugeng menambahkan Curug Gunung Putri ini kini menjadi  destinasi unggulanyang cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

” Di sekitar air terjun, terdapat gardu pandang yang memungkinkan pengunjung menikmati panorama alam yang menakjubkan. Serta beberapa gua kecil seperti Goa Sriti dan Goa Sapi. Ke dua goa ini  selalu menjadi favorit wisatawan,” paparnya.

BACA JUGA: Ini Jadwal Pementasan Wayang Orang dan Ketoprak di Jawa Tengah!

Jejak Sejarah di Balik Nama

Curug ini juga memiliki nilai sejarah yang menarik. Konon, seorang pengawal perempuan dari Pangeran Diponegoro pernah singgah dan menetap di sini.

“Awalnya ada prajurit atau pengawal Pangeran Diponegoro perempuan yang singgah di Desa Cepedak dan menetap di Gunung Putri. Beliau sebenarnya masih keturunan dari Mataram,” jelas Sugeng.

Fasilitas dan Aksesibilitas

Dengan tiket masuk yang hanya Rp 5.000, pengunjung dapat menikmati berbagai keindahan alam yang ditawarkan Curug Gunung Putri.

Salah satu pengelola, Sukbaturrohmah, menambahkan bahwa air terjun ini berjarak sekitar 43 kilometer dari pusat Kota Purworejo ke arah barat laut.

“Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan pegunungan dan tebing indah di kanan kiri jalan yang berkelok-kelok,” katanya.

Meski beberapa bagian jalan cukup curam, akses menuju lokasi sudah diaspal.

BACA JUGA: Masjid Agung Jawa Tengah Kota Semarang dengan Arsitektur yang Megah

Berkemah di Bawah Pohon Pinus

Sedangkan, bagi komunitas yang gemar berkemah, Curug Gunung Putri menawarkan area perkemahan yang luas dan rindang di bawah pohon pinus.

“Kami sudah sediakan persewaan tenda dan listrik sudah masuk ke area ini,” ujar Sukbaturrohmah.

Pengunjung yang memilih berkemah dapat merasakan suasana malam yang tenang dan udara segar dari hutan pinus yang mengelilingi.

Aktivitas Wisata Lainnya

Desa Wisata Cepedak juga menawarkan berbagai aktivitas wisata lainnya, seperti trekking dan wisata budaya. Pengunjung dapat menjelajahi kekayaan budaya lokal dan merasakan keramahan penduduk setempat.

Salah satunya dengan melihat langsung proses pembuatan gula aren yang masih banyak dilakukan oleh warga desa.

Desa Wisata Cepedak, dengan segala permata wisata alamnya dan kekayaan budaya, adalah destinasi yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Dan menikmati ketenangan serta keindahan alam yang masih alami. ***

Pos terkait