Puncak Aua Sarumpun dengan View Keindahan Danau Singkarak dari Ketinggian

Puncak Aua Sarumpun
Puncak Aua Sarumpun, Kab. Tanah Datar, Sumbar. (Source: jadesta.kemenparekraf)

TURISIAN.com – Wisata ke Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat, Sobat Turisian bisa menikmati pesona keindahan Danau Singkarak dari ketinggian. Tempatnya di Puncak Aua Sarumpun, yang menyajikan pemandangan alam yang memukau.

Di puncak ini Sobat Turisian juga bisa menikmati keindahan alam secara 360 derajat. Dengan keindahan Danau Singkarak serta empat gunung. Di antaranya Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Talang dan Gunung Sago.

Begitu tiba di Puncak Aua Sarumpun, Sobat Turisian akan menemukan tanah lapang. Paling menarik yaitu sajian lanskap di sekitarnya, berupa hamparan ilalang dengan ketinggian sepinggang orang dewasa. Spot inilah yang paling banyak memikat dan menjadi spot foto favorit pengunjung karena suasananya eksotis dan instagenik.

Lebih menarik lagi, Sobat Turisian bisa menikmati pesona senja di objek wisata bukit ini. Tampak keindahan sunset dengan langit berwarna kuning keemasan. Sungguh menakjubkan dan romantis buat para pasangan yang datang ke tempat ini.

Baca juga: Mengintip Pesona Danau Singkarak yang Mendunia

Suguhan pemandangan bukit berlapis-lapis serta ilalang yang terpapar sinar sang surya di sore hari menambah pesona objek wisata Puncak Aua Sarumpun. Sehingga membuat Sobat Turisian terbuai dengan keindahan khas Danau Singkarak.

Homestay & Kuliner di Wisata Puncak Aua Sarumpun

Di destinasi wisata Sumatera Barat yang satu ini, Sobat Turisian juga bisa menikmati fasilitas dua buah homestay lengkap dengan kolam renang 3 jenis. Ada kolam renang untuk anak-anak, remaja, serta dewasa. Tambah lagi ada wahana flying fox dengan sensasi seru yang sangat berbeda dari tempat lain.

Puncak Aua Sarumpun juga termasuk kawasan wisata geopark Tanah Datar. Dengan ciri khasnya berupa buah kuini, yaitu percampuran mangga dengan ambacang. Serta jenis Ikan Bilih yang merupakan ikan endemik Danau Singkarak, Sumatera Barat.

Baca juga: Mengenal Pacu Jawi, Tradisi Balapan Sapi di Tanah Datar dan Payakumbuh

Tak hanya itu, di tempat wisata ini juga ada wisata kuliner yang lainnya, seperti kerupuk ubi lapih dari parutan singkong rebus. Sementara untuk kerajinan tangan yang khas dari tempat ini ada tuduang saji dan balango sebagai produk UMKM setempat yang cocok buat cendera mata.*

Pos terkait