Datanglah Ke Museum Seni Rupa Kota Tua Jakarta, Rasakan Pengalaman Ini

Museum Seni Rupa
Salah satu seniman jalanan duduk di area Geung Kota Tua Jakarta, pada hari pahlawan nasional Indonesia 10 November. Di gedung ini terdapat museum seni rupa yang sangat esotik. (Dok.Unsplash/Go to Jeremy Rorimpandey's profile Jeremy Rorimpandey)

TURISIAN.com  – Museum Seni Rupa dan Keramik di Kota Tua, Jakarta Barat, menjadi destinasi pilihan bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Khususnya, bagi  yang ingin menikmati wisata museum yang jauh dari kesan membosankan.

Terletak di kawasan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, museum ini tak pernah sepi pengunjung. Mulai, dari anak-anak hingga orang dewasa datang silih bergantu.

Ragam aktivitas menarik yang ditawarkan menjadikan tempat ini populer, terutama di akhir pekan.

Kamis, 12 September 2024, suasana museum tampak meriah. Pengunjung yang datang terlihat berasal dari berbagai kalangan. Termasuk rombongan anak sekolah yang tengah melakukan karyawisata.

BACA JUGA: Kawasan Kota Tua Jakarta Jadi Venue Video Mapping HUT DKI Jakarta

Mereka tidak hanya menikmati koleksi seni rupa dan keramik, tapi juga berbagai kegiatan seru yang tersedia di sini.

Museum ini menyimpan aneka karya seni rupa dan keramik yang memukau. Mulai dari lukisan para maestro Indonesia hingga keramik dari Tiongkok era Dinasti Song pada abad ke-10.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mengikuti pottery class, sebuah kelas membuat gerabah yang menjadi salah satu daya tarik utama.

Sementara itu, begitu masuk ke museum, pengunjung akan membeli tiket di loket yang berada di luar bangunan.

BACA JUGA: Kota Tua Surabaya Sedang Dibentuk, Bakal Dijadikan Destibasi Unggulan

Setelah itu, pendaftaran untuk pottery class bisa dilakukan di ruang koperasi. Sepanjang perjalanan menuju ruang koperasi, tampak anak-anak sekolah dengan riang mengikuti kegiatan membuat gerabah.

Setelah mendaftar untuk pottery class, waktu terasa lebih baik dimanfaatkan untuk menjelajahi museum sambil menunggu kelas dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Sedangkan, langkah pertama mengarah ke ruangan yang menyajikan sejarah gedung Museum Seni Rupa dan Keramik, diikuti dengan area pameran lukisan.

BACA JUGA: Rekreasi Sambil Edukasi ke Museum Sejarah Jakarta di Kawasan Kota Tua

Maestro Indonesia

Di sinilah sejumlah karya maestro Indonesia seperti Raden Saleh, Affandi, Henk Ngatung, Hendra Gunawan, S. Sudjojono, hingga Basoeki Abdullah terpajang indah di dinding-dinding ruangan.

Dari area lukisan, pengunjung diarahkan menuju pameran keramik. Beragam keramik dari berbagai periode dan asal ditampilkan.

Mulai dari keramik Tiongkok zaman Dinasti Song hingga karya keramik buatan Indonesia pada abad ke-20.

Setelah puas berkeliling, saatnya beristirahat sejenak sembari menanti kelas membuat gerabah yang akan dimulai setengah jam kemudian.

BACA JUGA: Mengunjungi Kota Tua dengan Berbagai Spot Menarik Tempoe Doloe

Ketika kelas dimulai, tanah liat diambil dari ruang koperasi, lalu dibawa ke area kelas di pinggir taman yang rindang.

Pengunjung dapat memilih meja putar masing-masing untuk memulai proses pembuatan gerabah.

Para petugas museum dengan sabar memberikan instruksi dan panduan.

Meski terkesan sederhana, membuat gerabah ternyata bukan perkara mudah. Saat kita mencoba, kadang tak sesuai yang diharapkan, karena benar-benar membutuhakn skill tersendiri.

BACA JUGA: Mengenal Lebih Dalam Wisata Kota Tua Bersama Jakarta Heritage Trails

Contohnya, maksud hati ingin membuat mangkuk, namun setelah berkali-kali mencoba hasilnya tak  sesuai. Salah-salah mau bikin mangkuk, jadi asbak.

Namun, disinilah justru akan menjadi pengalaman yang menarik. Karena apa pun yang kita buat dan jadinya seperti apa, gerbah tadi bisa jadi oleh-oleh kenanga-kenangan.

Oleh sebab itu, kunjungan ke Museum Seni Rupa dan Keramik ini benar-benar memberikan pengalaman yang berbeda.

Kegiatan di sini memadukan antara edukasi dan kreativitas dalam suasana yang menyenangkan.

Bagi yang ingin mencoba pengalaman baru, museum ini menawarkan sensasi berwisata seni dengan cara yang tak biasa. ***

 

Pos terkait