Kota Tua Surabaya Sedang Dibentuk, Bakal Dijadikan Destibasi Unggulan

Kota Tua Surabaya
Ilustrasi. Hiu dan Buaya sebagai ikon Kota Surabaya. (Foto: Dok.Unplash)

TURISIAN.com –  Kota Tua Surabaya, Jawa Timur yang terletak di wilayah Pahlawan di sebelah utara kota, tengah mengalami transformasi yang menarik.

Saat ini sedang dipersiapkan proyek penataan yang diharapkan akan selesai sebelum tahun 2023 berakhir.

Diharapkan, jika penataan kota ini selesai ke depan bisa meningkatkan daya tarik wisata lokal dan menggerakkan perekonomian Kota Pahlawan.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Sabtu 23 September 2023 merasa optimis penataan Kota Surabaya akan mendorong tumbuhnya tingkat kunjungan turis.

BACA JUGA: Taman Surya, Kini Dihadirkan Sebagai Wisata Unggulan Kota Surabaya

Kawasan yang akan dikenal dengan nama “Suroboyo Kutho Lawas” ini akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang menarik.

Di antaranya termasuk dukungan untuk Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), penjual olahan kopi yang menggugah selera, dan pengalaman wisata susur sungai yang tak terlupakan.

Kawasan ini juga akan menjadi rumah bagi para barista kopi terbaik di Tunjungan, yang akan menghidangkan secangkir kopi yang memikat.

Selain itu, bangunan-bangunan bersejarah yang ada di sepanjang Jalan Karet akan didata dengan cermat, memberikan pengalaman serupa dengan apa yang bisa Anda temukan di Tunjungan.

BACA JUGA: Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya Segera Dibuka, Pertama di Indonesia

Antusiasme dan Harapan

Eri Cahyadi berharap agar beberapa tempat wisata di Kota Pahlawan ini dapat terhubung melalui pengalaman wisata susur sungai yang menarik.

Seperti pengalaman susur sungai di kawasan ini direncanakan akan terhubung ke beberapa tempat wisata populer. Termasuk Monumen Kapal Selam, Alun-Alun Suroboyo, Tunjungan Romansa, Rumah Bung Karno, dan Kya-Kya.

BACA JUGA: Mau Beli Oleh-oleh Lebaran Haji, Coba Deh Sambangi Toko Surabaya Ini

Dengan adanya penghubungan ini, keramaian yang terjadi saat tahun baru akan tersebar dengan lebih merata. Dengan demikian, akan menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung.

“Dan lebih jauh dari itu, tentu saja bisa  mendorong pertumbuhan ekonomi lokal lebih baik lagi,” tegasnya.

Dengan semangat pembaharuan yang sedang berkobar di Kota Pahlawan Surabaya, kita bisa berharap untuk menyaksikan transformasi yang spektakuler dalam waktu dekat.

Terus pantau perkembangan proyek ini karena Surabaya siap memperkenalkan Suroboyo Kutho Lawas kepada dunia!

Pos terkait