West Java Festival Kembali Digelar, Kawasan Ikonik Gedung Sate jadi Pusat Kegiatan

West Java Festival
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar (kiri) saat menjelaskan rencana pelaksanaan West Java Festival di acara acara Kick Off WJF dalam acara Bewara Jawa Barat (BEJA), di kantor Disparbud Jabar, Kamis 25 Juli 2024. Foto: Dok.Humas Jabar

TURISIAN.com – Dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Barat, Pemprov Jabar kembali menggelar West Java Festival (WJF) pada 23-24 Agustus 2024.

Acara ini akan dipusatkan di kawasan ikonik Gedung Sate, Bandung.

Setelah sempat terhenti akibat pandemi, WJF kembali hadir pada tahun 2023 dan kini siap menyambut pengunjung dengan lebih meriah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Benny Bachtiar, menyatakan bahwa seluruh kegiatan WJF 2024 akan menampilkan keunggulan pariwisata dan produk dari berbagai kabupaten dan kota di Jawa Barat.

BACA JUGA: Keseruan Festival Gunung Slamet, Tradisi Perang Tomat di Purbalingga

“Seluruh kegiatan akan dipusatkan di Gedung Sate, menampilkan berbagai keunggulan pariwisata dan produk unggulan dari kabupaten dan kota di Jawa Barat,” ujar Benny Bachtiar.

Hal itu ia sampaikan saat acara Kick Off WJF dalam acara Bewara Jawa Barat (BEJA), di kantor Disparbud Jabar, Kamis (25/7/2024).

Dalam WJF 2024, Pemprov Jabar menargetkan untuk memperkenalkan lebih dalam potensi wisata Jawa Barat kepada wisatawan.

BACA JUGA: Pj Gubernur Bey Sebut Asia Africa Festival Gelorakan Spirit Dasa Sila Bandung

“Kami ingin wisatawan mengetahui bahwa pariwisata Jawa Barat tidak kalah menarik dibandingkan daerah lain,” ujar Benny.

“Ini juga sejalan dengan program nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). Fokus kami saat ini adalah mempromosikan wilayah Ciayumajakuning atau Cirebon Raya,” lanjutnya.

Wisatawan domestik

Sejak berakhirnya pandemi, jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Jawa Barat terus meningkat.

“Pada tahun 2022, jumlah wisatawan mencapai hampir 50 juta, kemudian tahun 2023 lebih dari 60 juta. Dan, tahun ini ditargetkan lebih dari 80 juta,” ungkapnya optimis.

BACA JUGA: Hujan Tak Surutkan Semangat Karnaval Asia Africa Festival 2024, Warga Berjejer di Pinggir Jalan

“Bahkan, Pak Sekda (Herman Suryatman) menargetkan kami untuk mencapai lebih dari 100 juta kunjungan wisatawan pada tahun 2024. Insyaallah.”

Sementara itu, Dalam kick off tersebut, Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, Mochammad Lukmanul Hakim, menjelaskan. Bahwa, acara WJF juga akan diisi dengan program ‘Koncer’ atau Konsumen Cerdas.

BACA JUGA: Hidupkan Industri Game, Pemda Jabar Hadirkan TSA Game Fest, Bekerjasama Dengan Kominfo

“Koncer akan mengedukasi masyarakat tentang hak dan kewajiban konsumen terhadap produk barang atau jasa, serta memberikan edukasi kepada produsen,” terangnya.

Sedangkan West Java Festival  2024 sendiri akan menjadi kolaborasi antara 27 kabupaten dan kota. Didukung oleh seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jabar.

Acara ini diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kunjungan wisata dan memperkenalkan keunggulan Jawa Barat kepada dunia. ***

Pos terkait