Workshop Membatik Gratis di Museum Batik Indonesia, Seperti ini Kegiatannya

workshop membatik gratis
Para wanita ini sedang mengikuti workshop mencanting dan membatik di Museum Batik Indonesia. (IG/@mbatik.in)

TURISIAN.com – Jika kalian sedang mencari kegiatan akhir pekan bersama keluarga, workshop membatik gratis ini bisa jadi pilihan. Tinggal datang ke Museum Batik Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, akan banyak pengetahuan tenang batik.

Acara ini akan digelar pada Minggu, 30 Juni 2024, dari pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB. Workshop ini terbuka untuk segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Namun, anak-anak di bawah usia 10 tahun harus didampingi oleh orangtua.

Sementara itu, Archangela Y. Aprianingrum, Penanggung Jawab Unit Museum Batik Indonesia, menjelaskan bahwa kegiatan workshop membatik bukanlah hal baru.

BACA JUGA: Batik Danar Hadi Merayakan Ketenaran Melalui Koleksi Eksklusif  Sekar Arumdati

“Workshop membuat batik tulis selalu mendapat respons yang sangat positif dari seluruh peserta. Mereka mendapatkan pengalaman praktik langsung di pusat pelestarian batik Indonesia, yaitu Museum Batik Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu, 29 Juni 2024.

Menurut Archangela, workshop membatik ini akan terus diadakan dengan berbagai model kegiatan dan tema menarik.

Ia berharap semakin banyak generasi muda Indonesia yang bersemangat melestarikan batik. Baik dengan memakai batik, menghadiri kegiatan pelestarian batik, maupun turut serta mempromosikan batik.

BACA JUGA: Kisah Unik dan Asal-usul Motif Eksotis Batik Durian Lubuklinggau

Komunitas Spectrum Milenial

Workshop ini akan menghadirkan Junaidi dari Komunitas Spectrum Milenial dan Kartika Rini dari Komunitas Sebiru Langit sebagai narasumber.

Peserta dapat mengikuti berbagai kegiatan, seperti membuat canting cap kertas, tur ruang pamer di museum bersama narasumber dan pemandu.

Serta workshop membuat batik cap hingga tahap pewarnaan. Setelah kegiatan, peserta dapat membawa pulang hasil karya membatik dan canting yang telah dibuat.

Museum Batik Indonesia merupakan salah satu museum yang dikelola oleh Indonesian Heritage Agency (IHA).

BACA JUGA: Gaya Batik dan Keindahan Seni Warisan Nusantara Meriahkan Istana Merdeka

Dibagian lain, Ahmad Mahendra, Plt Kepala Indonesian Heritage Agency, menyatakan bahwa workshop membatik ini adalah program interaktif.

Yakni, untuk mendukung pengembangan permuseuman sebagai sarana edukasi dan rekreasi yang terjangkau.

“Kami berharap kegiatan workshop membatik ini terus diselenggarakan sebagai bentuk inovasi program museum yang menarik. Dan juga mendukung lahirnya generasi muda sadar budaya di masa depan,” kata Ahmad.

Untuk informasi lebih lanjut terkait workshop ini, Anda dapat mengunjungi akun Instagram @mbatik.in. ***

Pos terkait