Agrowisata Tamansuruh Gelar Berbagai Atraksi Wisata, Catat Tanggalnya

Agrowisata Tamansuruh
Kawasan Agrowisata Tamansuruh di Banyuwangi siap menyambut kedatangan para wisatawan. (IG/@dupudes)

TURISIAN.com –  Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menggelar ragam atraksi wisata di Agrowisata Tamansuruh, lereng Gunung Ijen, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah.

Agenda ini berlangsung selama sepekan, mulai 26 Juni hingga 7 Juli 2024. Dalam gelaran tersebut, nantinya akan  menyajikan berbagai suguhan. Seperti, seni budaya, arsitektur, fesyen, edukasi, pertanian, hingga olahraga.

“Berwisata ke Agrowisata Tamansuruh pekan ini akan menjadi pengalaman paket lengkap. Banyak atraksi wisata yang disajikan,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat membuka acara Sepekan di Agrowisata Tamansuruh, Rabu 26 Juni 2024.

Sederet agenda sudah dipersiapkan, diantaranya pertunjukan seni budaya, pameran arsitektur, hingga pameran lukisan.

BACA JUGA: Destinasi Kawah Ijen Kembali Dibuka untuk Wisatawan, Tapi Ini Syaratnya

“Semua itu disuguhkan dengan  latar wisata alam panorama Gunung Ijen,” tambah Ipuk.

Selain menikmati beragam atraksi, pengunjung dapat merasakan suasana khas Agrowisata Tamansuruh yang berdiri di lahan seluas 10,5 hektare.

Udara segar pegunungan dan pemandangan tanaman bunga serta sayuran berwarna-warni menyegarkan mata.

Sementara itu, revitalisasi Agrowisata Tamansuruh, yang didukung oleh Kementerian PUPR, menampilkan pemandangan pegunungan Ijen.

BACA JUGA: Geopark Ijen Akhirnya Diakui UNESCO, Kini Masuk Jaringan UGG

Termasuk, Selat Bali dari ketinggian sekitar 450 meter di atas permukaan laut. Keindahan ini semakin terasa di aula besar yang dikelilingi kolam air di tengah kawasan tersebut.

Mengusung konsep Desa Osing, agrowisata ini menonjolkan keaslian budaya Suku Osing, masyarakat asli Banyuwangi.

Rumah Osing

Gugusan Rumah Osing yang dihiasi taman bunga menambah nuansa otentik di kawasan tersebut.

Sedangkan, Bupati Ipuk menekankan bahwa Agrowisata Tamansuruh bukan hanya tempat untuk kegiatan pertanian. Tetapi juga multifungsi, mendukung berbagai kegiatan masyarakat Banyuwangi.

Seperti acara Jagoan Banyuwangi yang sempat digelar di lokasi ini.

BACA JUGA: Festival Sepekan Tamansuruh, Pesona Tradisi di Kaki Gunung Ijen

“Tempat ini tidak hanya untuk kegiatan pertanian, tetapi juga sebagai lokasi seminar dan kegiatan lainnya,” jelas Ipuk.

Sementara, dalam pekan ini, Agrowisata Tamansuruh juga mengadakan Festival Arsitektur Nusantara (FAN) 2024 dengan tema “arsitektur dan air”.

Disini, ditampilkan  karya desainer lokal hingga nasional. Acara lain yang memeriahkan agenda sepekan ini antara lain Fashion Show Batik dan Recycle (26 Juni).

Kemudian, ada presentasi Kostum BEC (27 Juni), Cosplay Show dan Sketsa on The Spot (30 Juni), Digital Library (1-5 Juli).

Dilanjutkan, dengan Ngopi Bareng Pemuda (2 Juli), Senam Zumba (6 Juli), dan Workshop (7 Juli). Juga ada layanan Adminduk oleh Dinas Kependudukan untuk warga setempat. ***

Pos terkait