Menhub Budi dan Dirut KAI Didiek Pantau Layanan Kereta Api saat Libur Idul Adha

Dirut KAI Didiek
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyalami seorang penumpang di Stasiun Purwokerto dalam sidak angkutan KA libur Idul Adha, baru-baru ini. Foto: Dok.PT KAI

TURISIAN.com –  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, didampingi Dirut KAI Didiek Hartantyo melakukan inspeksi ke sejumlah stasiun besar di Jawa Tengah.

Tujuan utama dari agenda ini adalah memantau arus liburan panjang Idul Adha yang diperkirakan akan mendongkrak jumlah penumpang kereta api.

Berangkat dari Stasiun Purwokerto, rombongan melanjutkan perjalanan ke Kroya, Tegal, dan akhirnya berhenti di Semarang Poncol.

“Kami bersama KAI meninjau beberapa tempat, memantau pergerakan liburan panjang akhir pekan dalam rangka Idul Adha,” kata MenhubBudi Karya Sumadi dalam keterangan persnya, hari ini.

BACA JUGA: PT KAI Kembali Operasikan KA Mutiara Timur untuk Melayani Mudik Idul Adha

“Apa yang dilakukan KAI sangat baik, sudah dipantau bahwa ada beberapa tempat yang menjadi tujuan favorit,” sambung Menhub Budi.

Tidak hanya sekedar meninjau, kunjungan ini juga menjadi ajang apresiasi dari pihak KAI kepada pemerintah.

“Kami berterima kasih kepada Menteri Perhubungan dan jajarannya yang telah bersama-sama memantau musim liburan Hari Raya Idul Adha,” ujar Dirut KAI Didiek Hartantyo.

Sementara itu, KAI telah menyiapkan armada terbaiknya untuk menyambut lonjakan penumpang selama periode 14-18 Juni 2024.

BACA JUGA: Ada Diskon Tiket KA yang Cukup Menarik di Booth KAI, Buruan Pesen

KA Tambahan

Sebanyak 1.562 perjalanan kereta api dioperasikan, dengan rata-rata 313 perjalanan per hari.

“Kami mengoperasikan 30 perjalanan KA tambahan dalam masa liburan ini. Hal tersebut merupakan antisipasi KAI dalam memberikan transportasi yang terbaik bagi masyarakat selama liburan Idul Adha ini,” tambah Didiek.

Lonjakan penumpang terlihat sejak Jumat  14 Juni 2024. Data menunjukkan, dari tanggal 14 hingga 16 Juni 2024, volume penumpang mencapai 511.115 orang. Atau 110,4 persen dari total kapasitas tempat duduk sebanyak 462.889.

Fenomena ini disebabkan oleh pergerakan dinamis penumpang di rute-rute tertentu. Seperti Jakarta-Surabaya, dimana penumpang bergantian naik turun di berbagai stasiun antara dua kota besar tersebut.

BACA JUGA: Mulai 1 Mei, PT KAI Luncurkan Kereta Stainless Steel New Generation

Didiek berharap, kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat untuk transportasi massal.

“Harapan kami transportasi massal dengan kereta api menjadi pilihan masyarakat untuk bertransportasi. Kami menjamin keselamatan dan ketepatan waktu,” kata Didiek.

Inspeksi ini bukan hanya sekedar rutinitas, melainkan komitmen nyata Kementerian Perhubungan dan PT KAI. Yakni,  untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi publik di Indonesia.

Dengan adanya koordinasi yang baik antara pemerintah dan operator transportasi, diharapkan kenyamanan dan keamanan penumpang selalu terjaga. Terutama di momen-momen penting seperti liburan Hari Raya Idul Adha. ***

Pos terkait