Event Global Education Fair 2024 Menggali Potensi Para Siswa SMA dan SMK Berbakat

Global Education Fair 2024
Ilustrasi para siswi SMA berjalan menuju kelas. (Dok.Pixabay.com)

TURISIAN.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Barat menggelar perhelatan akbar Global Education Fair 2024 di Pontianak.

Event merupakan hasil kolaborasi Disdikbud Kalimatan Barat dengan Kementerian Pendidikan Malaysia yang dibuka pada, Rabu, 12 Juni 2024.

Ajang bergengsi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan minat pendidikan. Selain itu juga sekaligus memperkenalkan berbagai institusi pendidikan, baik dari Indonesia maupun Malaysia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan kompetensi guru dan siswa. Melalui acara ini, kami memberikan informasi lengkap tentang dunia pendidikan.  Khususnya untuk siswa SMA dan SMK,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat, Rita Hastarita, hari ini.

BACA JUGA: Event Keren di Kalimantan Nih, Saatnya Kita Berpetualang Yuk

40 SMA-SMK

Lebih dari sekadar pameran, Global Education Fair juga menghadirkan gelar karya dari 40 SMA-SMK dan 18 perguruan tinggi di Indonesia, serta 16 perguruan tinggi dari Malaysia.

Kegiatan ini mencakup pameran teknologi pendidikan yang mendukung konsep digitalisasi sekolah. Serta membuka peluang kerjasama pertukaran pelajar, beasiswa, dan riset bersama antaruniversitas serta jenjang SMA dan SMK.

Menurut Rita, inisiatif ini merupakan upaya strategis Disdikbud untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kalimantan Barat.

“Kami ingin memberikan berbagai variasi dan pilihan jurusan bagi siswa, sehingga mereka bisa memilih sesuai dengan minat dan bakatnya,” jelasnya.

BACA JUGA: Jelajah Keindahan Taman Nasional Teluk Cenderawasih di Papua Barat

Berbagai karya siswa yang dipamerkan turut mencuri perhatian pengunjung. Di antaranya, tenunan dari SMK Negeri 1 Sambas, kerajinan kuningan dari SMK 6. Hingga mobil listrik hasil rakitan SMK 1 Sintang.

Semua ini menampilkan bakat dan kreativitas anak bangsa yang patut dibanggakan.

Peserta Didik

Sementara itu Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, turut menyampaikan harapannya agar para peserta didik dan guru-guru SMA serta SMK dapat memanfaatkan kesempatan emas ini.

“Dengan mengikuti acara ini, mereka dapat menggali dan menginformasikan kepada siswa dan rekan-rekan mereka mengenai berbagai pilihan tempat untuk melanjutkan pendidikan,” ungkap Harisson.

BACA JUGA: Ragam Keindahan Tepi Pantai di Polewali Mandar Sulawesi Barat yang Bikin Rindu Berat

Lebih lanjut, Harisson menambahkan bahwa acara ini juga memperkenalkan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, memberikan lebih banyak pilihan bagi siswa untuk menentukan jurusan yang diminati.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi jembatan bagi siswa untuk meraih pendidikan yang lebih baik dan kompetitif,” tutupnya.

Dengan berbagai kegiatan yang edukatif dan inspiratif, Global Education Fair 2024 diharapkan dapat menjadi momentum penting.

Utamanya, bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kalimantan Barat, sekaligus mempererat hubungan pendidikan antara Indonesia dan Malaysia. ***

Pos terkait