Perayaan Festival Lentera PSMTI 2024, Melambangkan Kekuatan dan Ketangguhan

Festival Lentera
Festival Lentera 2024 yang berlansungdi Golden Sense International Restaurant, Jakarta, Rabu, 28 Februari 2024 terbilang cukup meriah. Foto: Turisian.com/Ist

TURISIAN.com – Dalam atmosfer gemerlap Golden Sense International Restaurant, Jakarta, Rabu, 28 Februari 2024, Festival Lentera berjalan cukup meriah.

Event yang juga dikenal sebagai Festival Shangyuan, xiǎo zhēng yuè, Malam Yuanxiao, atau Tahun (Baru) Kecil ini merupakan tradisi tahunan yang selalu digelar.

Dimana, perayaannya bertepatan  pada tanggal 15 bulan pertama dalam kalender Lunar (Imlek).

Henry Husada, Koordinator Wilayah Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (Korwil PSMTI) DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten hadir dalam acara ini.

BACA JUGA: HUT PSMTI Berlangsung di TMII, Hadirkan Seni dan Budaya Nusantara

Sebagai Ketua Marga Hen, Henry Husada  menjadi tamu kehormatan dalam Festival Lentera yang menggema tersebutr

Acara yang diselenggarakan oleh PSMTI Provinsi DKI Jakarta dan PSMTI Bidang Marga-Marga tersebut tak mendapat apresiasi dari  pengurus dan anggota organisasi Masyarakat Tionghoa terkemuka di Indonesia.

Festival Lentera
Henry Husada, Koordinator Wilayah Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (Korwil PSMTI) DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten (kanan) dalam jamuan malam saat perayaan Festival Lentera 2024. Foto: Turisian.com/Ist

Menandai Bulan Purnama Pertama

“Festival Lentera, juga dikenal tanggal ini menandai bulan purnama pertama. Mengisyaratkan kedatangan musim semi dan menjadi penutup yang meriah bagi periode Tahun Baru Imlek,” kata Henry.

Dalam suasana yang penuh warna, Festival Lentera PSMTI 2024 tidak hanya mencerminkan kegembiraan, tetapi juga kekayaan budaya Masyarakat Tionghoa.

BACA JUGA: Festival Kesenian Yogyakarta, Tak Sekedar Panggung Seni dan Budaya

Henry Husada dan para tamu terhanyut dalam keindahan lentera yang menjelma menjadi karya seni cahaya di malam itu.

Tahun 2024, yang diperingati sebagai Tahun Naga Kayu oleh Masyarakat Tionghoa, menghadirkan nuansa khusus.

Naga, sebagai makhluk mitos yang melambangkan kekuatan dan ketangguhan, bersatu dengan elemen kayu.

Sehingga perpaduan tersebut, memberikan dimensi baru dengan simbolisasi siklus pertumbuhan, regenerasi, dan perkembangan.

BACA JUGA: Grebeg Sudiro di Solo Hadirkan Berbagai Event, Ada Festival Lampion

Dengan kolaborasi unik antara Naga dan elemen kayu dalam Shio 2024, diprediksi bahwa tahun ini akan dipenuhi dengan tantangan yang membutuhkan ketabahan dan keberanian.

Festival Lentera PSMTI 2024 menjadi momen bersama untuk menyambut dan menghadapi tantangan-tantangan tersebut dengan semangat yang penuh keceriaan.

Semoga Festival Lentera PSMTI 2024 membawa kebahagiaan dan berkah bagi seluruh Masyarakat Tionghoa.

Cahaya lentera yang menyala menjadi simbol harapan dan optimisme untuk tahun yang penuh potensi ini. ***

Pos terkait