Tips Mengeringkan Helm di Musim Hujan agar Tetap Staylish dan Aman

Musim Hujan
Seorang pengendara membetulkan helm di tengah derasnya hujan. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Musim hujan tak hanya membawa berkah air, tetapi juga potensi kerepotan bagi pengendara motor. Salah satu masalah yang kerap diabaikan adalah helm basah.

Nah, jika helm yang terkena air  tidak ditangani dengan benar dapat mengakibatkan kerusakan yang merugikan.

Sementara itu Agus Hermawan, Sang Juragan Helm, memberikan tips eksklusif untuk merawat helm basah dengan sentuhan spesial.

Menurutnya, helm yang terkena hujan dan tidak segera diatasi dapat mengalami kerusakan. Terutama, pada lapisan shell dan busa bagian dalamnya. Bahkan, risiko timbulnya jamur dan bau tak sedap pun mengintai.

BACA JUGA: Helm Keren Harga 100 Ribuan, Buruan Gais ke Jakarta Fair 2023

“Ketika jamur muncul di bagian shell, sulit dihilangkan dan bisa menyisakan bercak yang mengganggu. Di bagian busa, bau apak bisa menjadi masalah serius,” ungkap Agus saat memberikan trik jitu mengeringkan helm yang basah.

Menariknya, Agus membagikan rahasia perawatan helm yang simpel namun efektif. Yakni, dengan menggunakan bahan yang mudah didapat di rumah, yaitu sabun cuci piring kipas angin. Begini caranya:

1. Bongkar Helm Sepenuhnya

Mulailah dengan membongkar semua bagian dalam helm. Pisahkan lapisan shell, busa, dan bagian-bagian lainnya.

2. Bilas dengan Sabun Cuci Piring

Gunakan sabun cuci piring untuk membersihkan setiap bagian helm, kecuali lapisan shell. Pastikan membersihkan dengan lembut untuk menghindari kerusakan.

BACA JUGA: Respon Pembalap MotoGP Soal Desain Batik di Helmnya, Kamu Mau?

3. Lepaskan Kotoran dan Bau Tidak Sedap

Sabun cuci piring bukan hanya membersihkan, tetapi juga efektif menghilangkan kotoran dan bau yang mungkin menempel pada helm.

Sinar Matahari

4. Jemur dengan Kipas Angin

Letakkan helm di depan kipas angin untuk mengeringkannya. Proses ini tidak hanya efisien, tetapi juga melindungi helm dari suhu panas yang dapat merusak busa.

Menurut Agus, proses ini hanya memakan waktu sekitar satu hingga dua jam, jauh lebih cepat dibandingkan menjemur di bawah sinar matahari yang terlalu panas.

BACA JUGA: Traveling ke Gili Trawangan Sorangan, Ikuti Tips Ini

Ia pun menegaskan bahwa perawatan seperti ini adalah pengetahuan dasar yang sebaiknya dimiliki oleh setiap pengendara motor. Terutama, terutama bagi mereka yang memiliki helm dengan banderol mahal.

“Sama seperti merawat sneakers, helm juga membutuhkan perawatan rutin agar tetap dalam kondisi terbaik. Meskipun ada layanan laundry helm, namun perawatan sederhana seperti ini seharusnya menjadi pengetahuan umum,” pungkasnya.

Dengan menerapkan tips perawatan helm di musim hujan ala Agus Hermawan, pengendara motor tidak hanya dapat menjaga helm tetap awet dan tahan lama.

Namun,  juga tetap tampil stylish dan aman di jalanan, bahkan di tengah guyuran hujan. ***

Pos terkait