Antisipasi Cuti Bersama Imlek dan Isra Mikraj, PT KAI Tambah 10 Perjalanan Kereta Api

Cuti Bersama Imlek
Kursi di berbagai gerbong Kereta Api Jarak Jauh sudah terisi penuh. Foto: Dok. PT KAI

TURISIAN.com – Menghadapi libur panjang Isra Mikraj dan Cuti Bersama Imlek, PT Kereta Api Indonesia (Persero) meningkatkan layanan perjalanannya.

Mulai dari Rabu-Minggu, 7-11 Februari 2024  mereka akan mengoperasikan sebanyak 1.085 Kereta Api Jarak Jauh, dengan rata-rata 217 perjalanan setiap harinya.

Tidak hanya itu, terdapat penambahan 10 perjalanan KA Jarak Jauh dibandingkan pekan sebelumnya, mencapai total 1.075 perjalanan.

Penambahan ini melibatkan 4 perjalanan KA Manahan (Gambir – Solo Balapan pp), 4 perjalanan KA Sancaka (Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp). Dan 2 perjalanan KA Kaligung (Cirebon Prujakan – Semarang Poncol pp).

Sementara itu, Joni Martinus, VP Public Relations KAI, menyatakan bahwa peningkatan frekuensi perjalanan ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang. Khususnya, selama libur panjang awal bulan Februari 2024.

BACA JUGA: Bandara Hang Nadim Batam Terapkan Aturan Baru, Larang Tenant Pakai Sandal

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui,  total tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 462.592 tiket, atau rata-rata 92.518 tiket per hari.

Meskipun angka ini mencakup 64% dari total keseluruhan tiket yang tersedia (722.472 tiket), KAI tetap mendorong masyarakat yang berencana bepergian untuk segera membeli tiket melalui berbagai saluran.

Termasuk aplikasi KAI Access, website kai.id, dan mitra-mitra lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

BACA JUGA: Stand PT KAI Diserbu Pengunjung, Berebut Diskon Tiket Kereta Api

Menyiapkan Berbagai Rute

Sedangkan untuk memastikan kelancaran perjalanan, Joni menambahkan bahwa KAI telah menyiapkan berbagai opsi rute.

Begitu pun bagi,  pelanggan yang tiketnya sudah habis dapat memilih tanggal dan rute alternatif.

Dalam upaya memberikan kenyamanan maksimal, KAI juga menyediakan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI. Dimana, memungkinkan pengguna mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

BACA JUGA: Penawaran Eksklusif PT KAI, Ada Diskon Tiket di Event HeroRun

Rute-rute favorit masyarakat pada periode libur panjang ini meliputi Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Malang pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, Blitar – Bandung pp, dan relasi lainnya.

Joni menekankan bahwa dalam menyediakan transportasi kereta api. Utamanya, di masa long weekend, KAI berkomitmen untuk menghantarkan masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya.

Sehingga, momen liburan cuti bersama Imlek  bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati dengan nyaman dan menyenangkan. ***

Pos terkait