Event Sepeda Bergengsi Tour de Siak 2023 Resmi Diluncurkan, Ini Jumlah Tim yang Berlaga

Tour de Siak 2023
Dua bocah laki-laki mengamati sepeda para Team Presentation Tour de Siak 2023. Acara pengenalan 13 tim peserta ini break di depan Istana Siak Sri Inderapura, Riau, Jumat 1 Desember 2023. (Instagram/@nusantara_procycling)

TURISIAN.com – Event sepeda bergengsi Tour de Siak 2023  (TDSi) resmi diluncurkan Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), Jumat 1 Desember 2023.

Balap sepeda ini akan berlangsung hingga 4 Desember mendatang. Kejuaraan ini mampu menghadirkan 13 tim balap sepeda dari delapan negara yang siap berlaga.

“Wisata olahraga balap sepeda TDSi tahun ini melibatkan peserta dari berbagai penjuru dunia. Sampai saat ini, tidak ada kendala yang menghambat. Dan besok kita akan memulai acara,” Wakil Sekretaris Jendral PB ISSI Bidang Organisasi, Dedy Kurniawan, yang mewakili Ketua PB ISSI, Jendral Listyo Sigit Prabowo, Jumat malam.

“Dengan ini, secara resmi, Tour de Siak resmi dimulai,” sambung Dedy sambil mengayuh sepeda statis di atas panggung sebagai simbol dibukanya event tersebut.

BACA JUGA: Event Sail Teluk Cenderawasih di Biak, Jadi Sorotan Dunia

Pada pembukaan yang penuh gemerlap itu, hadir tokoh-tokoh penting. Seperti Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen Muhammad Iqbal, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Riau, Iskandar Hosein. Serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rahmat.

Tak Bupati Siak, Alfedri, juga turut hadir bersama forum komunikasi pimpinan daerah.

Sementara itu,  Bupati Siak, Alfedri, menyatakan bahwa Tour De Siak menjadi platform yang luar biasa untuk mempromosikan keindahan Kabupaten Siak. Dan Provinsi Riau pada umumnya ke mancanegara.

BACA JUGA: Pembalap Sepeda Berbakat Asal Yogyakarta Ini Juarai Event Independence For Ride 2023

Melibatkan objek-objek wisata

Event ini tidak hanya menjadi ajang balap sepeda, tetapi juga menampilkan rute yang melibatkan objek-objek wisata dan ikon-ikon pariwisata.

Tour De Siak Tahun 2023 ini mempertemukan atlet-atlet terbaik dari delapan negara. Termasuk Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Korea, dan Singapura.

Tak hanya itu, atlet-atlet dari Jakarta, Pontianak, Yogyakarta, dan Riau juga turut ambil bagian. Dengan total 13 tim yang akan bersaing dalam perlombaan ini.

BACA JUGA: Memilih Sepeda untuk Event Gowes, Simak Edisi Spesial Ini

Sedangkan rute balapan pada TDSi 2023 terdiri dari 3 Etape yang menantang.

Etape 1 melibatkan perjalanan melewati Siak, Dayun, Mempura, Koto Gasib, dan kembali ke Siak, dengan total jarak tempuh mencapai 127 kilometer.

Etape 2 akan menguji ketangguhan atlet dengan melibatkan Siak, Dayun, Koto Gasib, Perawang, dan kembali ke Siak, dengan jarak tempuh mencapai 170 km.

BACA JUGA: Estape Balap Sepeda Tour de Siak Kini Sampai Pekanbaru

Selanjutnya,  Etape 3 akan menjadi babak penentuan dengan Siak City Race (6 lap) yang mencakup jarak tempuh sekitar 108 km.

“Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk menyaksikan Tour De Siak selama 3 hari ke depan,” ujar Bupati.

“Mari bersama-sama kita ramai-ramai memeriahkan Kota Istana ini dan ajak keluarga serta kerabat untuk turut serta dalam acara ini,” sambunya bersemangat. ***

Pos terkait