Event Sail Teluk Cenderawasih di Biak, Jadi Sorotan Dunia

Sail Teluk Cenderawasih
Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap duet bersama penyanyi Judika dalam penutupan Penutupan SAIL TELUK CENDRAWASIH 2023, Senin malam 27 November 2023. (Instagram/@almendo_wondiwoy)

TURISIAN.com – Pada rentang waktu 21-27 November 2023, gelaran megah Sail Teluk Cenderawasih (STC) di Biak, Papua, telah menjadi sorotan dunia.

Acara ini bukan hanya ajang untuk memperkenalkan kekayaan budaya Biak saja. Namun juga sebuah panggung gemerlap yang membawa eksistensi seni dan keindahan alamnya ke perspektif internasional.

Sementara itu, Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, dengan penuh semangat menyampaikan bahwa STC tidak hanya memastikan kelestarian seni budaya suku Biak.

Tetapi juga memberikan dorongan signifikan pada potensi kemaritiman, pariwisata, perikanan, dan perekonomian lokal.

BACA JUGA: Telaga Biru Samares yang Cantik, Hidden Gem di Biak Numfor

“STC 2023 telah menjadi titik tolak, di mana keberlanjutan budaya dan kemajuan ekonomi menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan,” ujarnya dalam penutupan STC pada Senin malam, 27 November 2023.

Tak hanya itu, dampak positif juga dirasakan dalam sektor pariwisata. Yakni, dengan jumlah kunjungan mencapai angka fantastis, mencapai 6.200 orang dari dalam dan luar negeri.

Bupati Herry dengan bangga mengumumkan bahwa Biak secara resmi ditetapkan sebagai pelabuhan ekspor hasil perikanan bagi Indonesia bagian timur.

BACA JUGA: Kerajinan Tangan Kulit Kerang, Cendera Mata Unik dari Biak

Warisan Budaya

“Biak kini menjadi pusat strategis yang tidak hanya mempertahankan warisan budaya. Tetapi juga membuka pintu bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Adat Biak, Manpun JJK Mandibodibo, menyampaikan rasa terima kasih mendalam kepada Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

Termasuk kepada Bupati Herry Ario Naap, Presiden Joko Widodo, dan seluruh jajaran kementerian. Khususnya yang turut serta mendukung pengangkatan budaya suku Biak selama Sail Teluk Cenderawasih berlangsung.

BACA JUGA: Bali Safari Park Luncurkan Atraksi Terbaru Rainforest Trail, Ada Tiket Gratis

“Dampak STC Biak sangat dirasakan dalam sektor ekonomi, potensi kemaritiman. Dan, pelestarian seni budaya suku Biak,” ucap Manpun Mandibodibo dengan penuh syukur.

Sedangkan, Staf Ahli Gubernur Papua, Elsye Rumbekwan, mengajak seluruh pemerintah daerah di empat kabupaten untuk terus menjaga semangat kolaborasi setelah perhelatan STC.

“Mari tingkatkan kerja sama lintas sektor dan gunakan kesuksesan STC sebagai modal berharga untuk membangun sinergi yang lebih kuat,” pungkasnya. ***

Pos terkait