Mulai Besok, Jalan Setiabudi di Kawasan Paris van Java Jadi Dua Arah

Paris van Java
Jalan Setiabudi di Kota Bandung yang menuju ke kawasan wisata Lembang akan diberlakukan dua arah. Uji coba rekayasa lalulintas tersebut akan dimulai besok, Sabtu 7 Oktober 2023. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Bandung, Jawa Barat. Khususnya di kawasan destinasi Paris van Java, perlu mencatat jadwal ini.

Mulai besok, Sabtu 7  Oktober 2023 akan ada ujicoba perubahan jalur dua arah di Jalan Setiabudi.

Kebijakan ini sebagai upaya meningkatkan kenyamanan dan kelancaran lalu lintas di Kota Bandung. Dimana, Jalan Sukajadi, yang tadinya satu arah akan menjadi jalan dua arah.

Rencana berani ini menjadi sorotan setelah mendapat respons positif dari masyarakat sekitar.

Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Eko Iskandar, mengungkapkan bahwa proses pengkajian ulang terhadap penerapan jalan dua arah ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

BACA JUGA: Bandung Great Sale 2023, Pesta Belanja di HUT Kota Bandung Ke-213

“Iya, kabar ini benar adanya. Sabtu ini kami akan melakukan revisi konsepnya setelah menerima masukan dari masyarakat,” kata Eko kepada awak media, kemarin.

Meskipun langkah menuju perubahan ini sudah diambil, Eko menegaskan bahwa perubahan menjadi jalan dua arah di Jalan Sukajadi masih memerlukan waktu.

Setelah proses pengkajian ulang selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Intinya, kami akan melakukan pengkajian bersama Dinas Perhubungan, Dan konsep akhirnya masih dalam tahap penentuan. Setelah itu, akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ungkap Eko.

BACA JUGA: Kopi Fest Indonesia 2023 akan Berlabuh di Kota Bandung, Catat Jadwalnya Bro

Sebagai informasi tambahan, Jalan Sukajadi telah resmi menjadi jalan satu arah sejak Juli 2019. Perubahan ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

Terutama ketika wisatawan menuju ke kawasan wisata  Lembang atau pusat perbelanjaan Paris van Java. Sebelumnya, Jalan Sukajadi, bersama dengan Cipaganti dan Setiabudi, adalah jalan dua arah.

Meskipun menuai beragam pendapat, kebijakan menjadikannya jalan satu arah telah berlangsung hingga saat ini.

Namun, dengan pengkajian ulang ini, perubahan besar mungkin akan segera menyapa warga Bandung. ***

Pos terkait