Hutan Mangrove Mentawir, Cocok Buat Kalian yang Suka Petualang

Hutan Mangrove Mentawir
Gerbang masuk ke kawasan Wisata Hutan Mangrove Mentawir di Kalimantan Timur. (Instagram/@dhanipuspito)

TURISIAN.com – Tahu gak, guys? Ada destinasi wisata keren di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, namanya Hutan Mangrove Mentawir.

Ini tempatnya nge-hits banget buat para anak muda yang suka petualangan alam!

Nah, jaraknya sekitar 42 kilometer dari Titik Nol Nusantara, bisa dicapai naik motor dalam sekitar satu jam 24 menit. Ini seru kan?

Di Hutan Mangrove ini, suasana alamnya masih alami banget, flora dan faunanya terjaga dengan baik. Yang seru, di sini ada kelompok sadar wisata yang ngembangin buah mangrove jadi kopi, jus, dan tepung buat bikin kue. Beneran unik, kan?

BACA JUGA: Groundbreaking Hotel Nusantara Mengawali Era Baru Bagi Indonesia di IKN

Lamale, selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tiram Timbun, Mentawir, bisa memandu kalian yang ingin mengeksplore Hutan Mangrove.

Bisanya, Ppertama-tama, kita akan dibawa naik perahu buat nyampe ke spot pemancingan. Tempatnya nggak jauh sih, cuma sekitar 5 menit doang.

Setelah itu, kita lanjutin petualangan menyusuri hutan mangrove. Keren banget, guys! Selama perjalanan, kita harus ngelintasi jembatan kayu yang udah agak lapuk di beberapa bagian.

BACA JUGA: Barbie Dream House Hadir di Neo Soho Mall Jakarta, Ini Spot Menariknya

Menunggu matahari terbenam

Gak ada pagar pembatas, jadi kita harus hati-hati banget.

Sementara itu, Lamale bilang, buat bikin destinasi wisata ini makin oke, mereka butuh bantuan dana buat nambahin fasilitas.

Termasuk pagar di jembatan biar aman. Ini penting banget, biar semua orang bisa nikmatin tempat ini dengan aman.

Sedangkan perjalanan kita nyusuri hutan pake jembatan kayu berlangsung sekitar 30 menit, dan setelah itu, kita lanjutin dengan naik kapal motor.

BACA JUGA: Cantiknya Pemandangan Destinasi Bawangan Bromo, Kalian Gak Tertarik?

Pengunjung bisa jalan-jalan di laut yang dipenuhi hutan mangrove sambil menunggu matahari terbenam. Pemandangannya keren banget.

Dimana kita, bisa liat matahari tenggelam di laut. Selama perjalanan, kita juga bisa  lihat kilang minyak yang ada di tengah laut dan liat bangau tontong yang berdiri di antara mangrove yang rimbun.

Tapi, satu hal yang menarik perhatian kita adalah bahwa penumpang kapal motor gak punya pelampung buat pengamanan. Jadi, tetep harus hati-hati, guys!

Pokoknya, destinasi ini keren banget buat anak muda yang suka petualangan alam. Tapi inget ya, tetep jaga keamanan dan lingkungan saat kamu berkunjung ke sana! ****

Pos terkait