Museum Nasional Tutup Sementara akibat Kebakaran, Sampai Kapan?

Museum Nasional
Seorang wanita mueda berdiri di pelataran dengan latarbelakang Gedung Museum Nasional di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Museum ini terpaksa ditutup sementara akibat kebakaran. (Dok.Unplash)

TURISIAN.com – Museum Nasional yang berada di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, tutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini menyusul kebakaran di sebagian gedung yang menyimpang berbagai literatur sejarah tersebut.

“Situasi masih belum kondusif, pascakebakaran. Jadi, akan ditutup sementara,” kata Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Komarudin, saat berbicara kepada media pada Sabtu (16/9/2023).

Mengapa? Gedung A, tempat bersemayamnya harta berharga yang memiliki nilai sejarah tak ternilai, terancam.

Untuk itu, petugas gabungan, termasuk pemadam kebakaran terus berupaya mencegah kebakaran tidak meluas ke gedung-gedung lainnya.

BACA JUGA: Pengen Tau Cerita Jawa Sama Sunda Gak Akur? Kunjungi Museum ini

Penutupan museum yang sangat disayangkan ini masih belum memiliki batas waktu yang pasti. Bahkan, Komarudin mengungkapkan polisi akan terus menjaga keamanan museum selama beberapa hari ke depan.

Sementara itu, untuk mencari jawaban yang pasti mengenai penyebab kebakaran tragis ini, Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (MCB), Ahmad Mahendra, telah mengumumkan pembentukan tim investigasi internal.

Dan kita tidak perlu meragukan transparansi dari proses penyelidikan ini.

“Setelah kobaran api berhasil dipadamkan, tim investigasi internal kami akan segera bertindak untuk mengungkap peristiwa di balik tragedi ini,” ujarnya.

BACA JUGA: Destinasi Wisata Baru Bersemi di Kabupaten Lumajang, Ada Museumnya Lho

“Kami akan menghitung kerugian koleksi berharga yang terkena dampak dan yang telah diselamatkan. Kerjasama dengan pihak berwenang akan memastikan bahwa seluruh proses penyelidikan ini akan berjalan dengan tuntas dan transparan,” lanjut Mahendra dalam keterangannya Minggu 17 September 2023.

Tentu saja, mereka berjanji akan terus memberikan pembaruan secara berkala kepada publik. Sehingga kita semua bisa terus mengikuti perkembangan situasi ini.

Sembari berdoa, kita berharap peristiwa ini akan segera mengambil arah yang lebih baik.

BACA JUGA: Nge-Hits di Kota Bandung, Museum Ini Bisa Jadi Pilihan

Kedatangan Mendikbud Nadiem Makarim

Ditempat yang sama,  Mendikbudristek Nadiem Makarim mengunjungi lokasi kebakaran di Museum Nasional.

Ia  mendorong pihak kepolisian untuk segera memulai penyelidikan menyeluruh untuk mengungkap penyebab kebakaran ini.

“Sangat menyedihkan bahwa peristiwa ini bisa terjadi. Kami telah berbicara dengan aparat kepolisian untuk segera melakukan investigasi. Dan mengungkap penyebab pasti dari kebakaran ini,” kata Nadiem, hari ini.

BACA JUGA: Bro dan Sis, Ada Paket Wisata Baru Museum Night Fun Walk di Jogja Nih..

Prioritas utama saat ini adalah menjaga keamanan struktural gedung-gedung museum. Inventarisasi koleksi berharga di dalamnya. Seperti yang disebutkan oleh Nadiem, masih belum bisa dilakukan karena kendala keamanan.

“Keamanan adalah nomor satu,” tegasnya.

Dalam peristiwa yang begitu mendalam ini, seluruh bangsa berdoa dan menunggu kebenaran terungkap. Serta berharap agar cahaya harapan akan segera datang menyinari Museum Nasional yang berharga bagi sejarah kita semua. ***

Pos terkait