Taman Mini Indonesia Indah Kini Lebih Megah, Habiskan Anggaran Rp 1,27 Triliun

Taman Mini Indonesia Indah
Seiring dengan selesainya renovasi Taman Mini Indonesia, ikon pariwisata Jakarta ini juga memberikan fasilitas yang semakin baik. Salah satunya, kendaraan Angkling yang akan membawa pengunjungi mengitari TMII. (Instagram/@tmiiofficial)

TURISIAN.com – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kini bersinar lebih terang setelah menjalani renovasi. Tak tanggung-tanggung  anggaran yang dihabiskan untuk membuat ikon wisata ibukota itu lebih megah, mencapai Rp 1,27 triliun.

Dalam sebuah upacara peresmian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadirkan sentuhan ajaib untuk TMII yang terletak di Jakarta Timur ini.

Acara bersejarah ini berlangsung pada Jumat malam, 1 September 2023, di lokasi yang dikenal sebagai Taman Archipelago di TMII.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di TMII sekitar pukul 20.30 WIB, disambut oleh sorakan antusias dari warga yang telah lama menantikan momen peresmian ini.

BACA JUGA: Green TMII Hadir untuk Memberikan Kenyamanan Pengunjung

Tidak hanya Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri, Wury Estu Handayani, juga turut serta dalam peninjauan ini.

Setelah kedatangan mereka, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tidak sabar untuk menjelajahi kemegahan baru TMII.

Mereka merenung dengan penuh kagum pada anjungan-anjungan yang mewakili berbagai daerah di Indonesia.

Serta mengeksplorasi fasilitas-fasilitas yang baru saja mendapatkan sentuhan peremajaan.

BACA JUGA: Pengunjung TMII Tembus di 13.820 orang Saat Libur Tahun Baru Imlek

Momen puncak peresmian ini disertai dengan penekanan tombol pada iPad oleh Presiden Jokowi, memulai pertunjukan air mancur yang memukau.

Kemudian, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin menandatangani prasasti peresmian yang akan menjadi saksi bisu dari perubahan besar TMII ini.

TMII yang baru ini memiliki konsep yang lebih modern, ramah lingkungan, namun tetap setia pada kekayaan budaya yang membedakan Indonesia.

Ikon Pariwisata Terbesar

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyatakan keyakinannya bahwa TMII yang baru akan menjadi salah satu ikon pariwisata terbesar di Jakarta, bahkan di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Inilah Wajah Baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta!

“Kini, masyarakat dapat mengunjungi dan menikmati wajah baru Taman Mini Indonesia Indah ini. Semuanya terlihat begitu rapi, hijau, indah, dan nyaman,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga menyoroti bagaimana revitalisasi ini mengembalikan kehormatan TMII, sebuah visi yang pertama kali digagas oleh Ibu Tien Soeharto.

“Revitalisasi ini mengembalikan semangat awal yang dicetuskan oleh Ibu Tien Soeharto. Dengan tetap fokus pada konsep awalnya. Yaitu 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan,” kata Presiden.

BACA JUGA: Bebas Kendaraan, Perhatikan Saat Naik Bus Listrik di Kawasan TMII

Saat ini, semua anjungan dan bangunan di TMII telah mengalami pembaruan dan peningkatan. Sehingga  para pengunjung dapat menikmati pengalaman yang lebih memuaskan.

“Semua museum dan anjungan yang mewakili berbagai daerah juga telah diperbarui dan diperindah, dengan mengusung konsep inklusif, berakar pada budaya, dan pintar,” tambahnya.

TMII yang baru telah bangkit dengan semangat baru, siap untuk memikat hati para wisatawan. Dan menjadikan Indonesia lebih berkilau dalam peta pariwisata dunia.

Dengan sentuhan magis dari peresmian ini, TMII telah bersiap menjadi destinasi yang tak terlupakan bagi semua orang yang datang menjelajahnya. ***

Pos terkait