Sebelum Tampil di Festival Hijriah, Official Muslim Xinjiang ‘Kulineran’ di Resto Shu Yue Jian

Festival Hijriah
Official Masyarakat Seni dan Budaya Muslim Xingjiang saat menikmati menu makanan restoran Shu Yue Jian di Jalan Mekar Laksana, Mekarwangi, Kecamatan Bojongkidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Foto: Ist

TURISIAN.com – Ada yang menarik dari perhelatan Festival Hijriah yang berlangsung di Pusdai Kota Bandung, Jawa Barat pada Kamis malam, 27 Juli 2023.

Yakni, tampilnya Seni Budaya Muslim Xinjiang lewat pertunjunkan tari dan budaya yang sengaja didatangkan dari China.

Mereka adalah Xinjiang Muslim Art Performance”, dengan para seniman dari Xinjiang yang menampilkan kesenian di event Festival Hijriah tersebut.

Puluhan penari dan penyanyi dari Rombongan Seni Muqam Teater Seni Xinjiang China itu berhasil mencuri perhatian penonton. Bahkan, pengunjung yang memadati Pusdai Bandung ikut terpukau.

Masyarakat Seni dan Budaya Muslim Xinjiang, China saat foto bersaama di restoran Shu Yue Jian. Foto: Ist

Nah, sebelum mereka menunjukan kepiawaian di atas pangggung, para masyarakat seni budaya Muslim Xinjiang ini masih menyempatkan waktu untuk mengunjungi restoran, Shu Yue Jian.

Sebuah rumah makan khas China yang benar-benar otentik di Jalan Mekar Laksana, Mekarwangi, Kecamatan Bojongkidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

BACA JUGA: Festival Al Azhom di Kota Tangerang Hadirkan Peninggalan Nabi, Buruan Datang

Dalam kesempatan itu mereka juga disambut Wakil Ketua Umum Koordinasi Wilayah DKI, Jabar, dan Banten Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Henry Husada.

“Makanan di Restauran Shu Yue Jian ini memang sangat enak. Saya melihat para tamu undangan, termasuk para official masyarakat seni dan budaya Muslim Xinjiang dari China sangat menikmati,” kata Henry—yang juga CEO Kagum Group ini.

Berciri Khas Asli China

Menurut Henry, Shu Yue Jian sangat tepat sebagai pilihan kuliner saat berkunjung ke Bandung Selatan. Selain ornament dan design restoran yang benar-benar berciri khas asli dari China, makananya juga otentik.

“Jadi, kita seperti benar-benar sedang makan atau berada di China. Padahal ini ada di Bandung lho,” kata Henry.

“Saya juga benar-benar surprise, tempatnya bisa sebagus ini ya,” sambung Henry

Sementara iitu, Owner Shu Yue Jian Doni Hartanto mengemukakan bahwa pihaknya menghadirkan semua menu masakan otentik dari China.

BACA JUGA: Pantai Padang Galak Disesaki Ribuan Peserta Festival Layangan Bali

“Semua bahan-bahan untuk menu masakan kita bawa dari China, termasuk juga kokinya juga,” kata Doni Hartanto.

Road Show ke 9 kota di Indonesia

Sebagaimana diketahui, Festival Hijriah: Pertunjukan Seni Muslim Xinjiang merupakan acara yang diselenggarakan oleh perusahaan media terkemuka, Republika, bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Komite China.

Mereka akan melakukan road ke sembilan kota di Indonesia mulai dari tanggal 19 Juli hingga 10 Agustus.

Seperti yang berlangsung di Pusdai Bandung, ratusan penonton tampak antusias menyaksikan beragam tarian, atraksi akrobatik yang mengagumkan.

Serta merdu nya lagu-lagu yang dibawakan dalam pertunjukan ini.

BACA JUGA: Labuan Bajo Maritime Festival, Pesona Timur yang Menampilkan Beragam Seni-Budaya

Festival Hijriah yang dilaksanakan di Bandung diawali dengan tausiah dari Habib Husein Ja’far yang membahas topik “Hijrah tak Berhenti di Madinah”.

Melalui tausiah ini, penonton mendapatkan pencerahan tentang bagaimana menerima pandangan serta perbedaan di dalam maupun di luar agama Islam.

Serta tentang kemuliaan apa saja yang akan didapatkan oleh seorang muslim yang pandai menerima perbedaan.

Habib Husein Ja’far juga menyampaikan nilai-nilai toleransi dalam Festival Hijriah tersebut.

Pos terkait