Labuan Bajo Maritime Festival, Pesona Timur yang Menampilkan Beragam Seni-Budaya

Labuan Bajo Maritime Festival
Senyum para penari dengan pakaian tradisional saat tampil di Labuan Bajo Maritime Festival, yang berakhir hari ini. (Instagram/@Labuan Bajo Maritime Festival)

TURISIAN.com – Labuan Bajo, sebuah surga kecil yang tersembunyi di ujung timur Indonesia, kembali mencuri perhatian dunia. Kali ini, dengan  perhelatan spektakuler mereka, Labuan Bajo Maritime Festival.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang menjadi lokomotif di balik panggung event fenomenal ini, bertekad mengangkat keunikan Labuan Bajo. Dan, menghadirkannya ke mata dunia.

“Momentum ini adalah kesempatan bagi Labuan Bajo untuk bersinar,” kata Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, Jumat 28 Juli 2023.

Kemenparekraf ingin mendorong Labuan Bajo, terutama  sektor pariwisata untuk dapat dipromosikan. Tidak saja, ke seluruh Indonesia btapi juga ke kancah internasional.

BACA JUGA: Pemerintah Segera Susun Standar Prosedur Kapal Wisata di Labuan Bajo

” Tidak diragukan lagi, salah satu kekuatan wisata Labuan Bajo terletak pada pesona baharinya yang memukau,” ujarnta.

Oleh karena itu, Kemenparekraf merancang perhelatan yang memfokuskan tema bahari yang menjadi backbone dalam sejarah dan budaya khas Labuan Bajo.

Memikat Hati Pengunjung

Inilah cikal bakal Labuan Bajo Maritime Festival, sebuah event dengan segudang makna. Di mana setiap atraksi wisata yang dihadirkan menyimpan cerita menarik yang mampu memikat hati dan jiwa setiap pengunjungnya.

“Ini lebih dari sekadar event biasa, namun lebih tepat disebut sebagai storynomic yang menceritakan potret sejarah dan kehidupan masyarakat Labuan Bajo melalui atraksi dan pergelaran yang begitu memikat,” tambah Vinsensius.

BACA JUGA: Intip Menu Makanan Kepala Pemerintahan ASEAN di Labuan Bajo

Namun, keindahan Labuan Bajo Maritime Festival tidak berhenti di situ. Kemenparekraf menyadari bahwa suksesnya event ini harus diukur dari dampak positif yang dihasilkan bagi masyarakat lokal.

Terutama di wilayah Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Seiring dengan gemerlapnya atraksi, di balik layar, event ini menyematkan komitmen mendalam untuk memberdayakan masyarakat lokal.

Vinsensius Jemadu menegaskan salah satu aspek krusial yang  diangkat dalam perhelatan ini adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal.

Yakni, melalui partisipasi usaha UMKM. Keberlanjutan dan dampak positif bagi masyarakat harus selalu terjaga dalam setiap penyelenggaraan event ini.”

Melalui Labuan Bajo Maritime Festival, para wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara berbondong-bondong hadir untuk menikmati pesona magis Labuan Bajo.

Kronik Maritim Tiga Masa

Sejak senja hingga malam hari, deru ombak menjadi latar belakang eksotis yang memukau, seakan menghipnotis setiap jiwa yang merasakannya.

BACA JUGA: Ideathon, Event yang Menghadirkan Ekosistem Floratama di Labuan Bajo

Acara ini memanjakan pengunjung dengan serangkaian agenda menarik, seperti Kronik Maritim Tiga Masa, Maritime Night Market, Family Fiesta, dan Cultural Exhibition, yang memperkenalkan pesona pesisir Labuan Bajo sambil tetap menampilkan nuansa kaya budaya Manggarai yang tak ternilai harganya.

Kompas.com, 27 Juli 2023 melaporkan, spirit membara Labuan Bajo Maritime Festival terasa begitu menggelora sejak gelaran dimulai. Setiap detik berharga, dan setiap momen tak ternilai, seperti kisah-kisah hidup masyarakat pesisir yang terpatri dalam geliat event ini.

Inilah gemerlapnya Labuan Bajo, persembahan luar biasa dari alam dan budaya, yang disuguhkan melalui Labuan Bajo Maritime Festival.

Sebuah event yang tidak hanya meriah, tetapi juga penuh makna dan memberi harapan bagi kehidupan masyarakat setempat.

Setiap tahunnya, dunia akan selalu mengantre untuk menyaksikan pesona memikat dari surga kecil di ujung timur Indonesia ini.

Pos terkait