10 Destinasi Wisata Hits di Karawang, Dari Curug Hingga Pantai yang Bikin Terpesona

destinasi wisata hits
Tiga wanita yang berkunjung ke Green Canyon, Karawang mencoba rafting di kejernihan air curug. (Instagram/@green_canyon_karawang)

TURISIAN.com – Berkunjung ke Kabupaten Karawang,  Jawa Barat rasanya kurang “afdol” kalau tidak mengunjungi destinasi wisata hits yang ada. Daerah yang dikenal dengan kawasan industri ini, ternyata memiliki banyak tempat wisata lho guys.

Dan, destinasinya juga keren-keren. Enggak cuma air terjun doang, tapi banyak banget pilihannya, bro!

Pengen tau? Berikut Sobat Turisian merangkum 10  tempat wisata hits di Karawang dari berbagai sumber yang wajib kalian sambangin. Cekidot!

1. Curug Bandung

Curug ini berada di kaki Gunung Sanggabuana. Air terjunnya keren banget, bro, tingginya sekitar 25 meter. Tapi hati-hati, airnya deras banget, apalagi pas musim kemarau, jadi jangan sembarangan main air, ya. Harganya juga terjangkau, cuma 10 ribu per orang buat dewasa maupun anak-anak di atas 5 tahun. Parkir motor 10 ribu, mobil 15 ribu.

BACA JUGA: Candi Jiwa Karawang Bakal Dapat Tambahan Fasilitas

2. Pantai Tanjung Baru

Pantai juga jadi andalan wisata, Karawang punya Pantai Tanjung Baru yang oke banget buat jalan-jalan. Cukup keluarin uang 10 ribu per orang buat tiket masuknya, parkir motor 2 ribu, mobil 5 ribu. Meskipun jaraknya agak jauh dari pusat Kota Karawang, sekitar 40 km, tapi pasti deh pemandangannya sebanding dengan perjalanan yang lo tempuh.

Danau Pulau Cinta

3. Situ Cipule

Danau yang luasnya sekitar 90 hektar ini unik banget, bro. Terbentuk karena aktivitas di sekitar sungai Citarum. Yang seru, ada pulau di tengah danau yang disebut Pulau Cinta, ukurannya sekitar 2 km persegi. Bisa banget jadi spot foto kece!

4. Vihara Sian Djin Ku Poh

Nah, kalau mau wisata religi, cobain deh ke Vihara Sian Djin Ku Poh. Lokasinya strategis banget, cuma sekitar 4 kilometer dari pusat kota, di jl. Rangga Gede no. 1 Tanjung Pura. Vihara ini udah berdiri sejak 1770 lho, masih digunakan buat ibadah dan pastinya menarik buat dikunjungi.

BACA JUGA: Kabupaten Karawang Juga Menyimpan Destinasi Menarik, Apa Saja?

5. Leuwi Liyet (Green Canyon)

Green Canyon atau Leuwi Liyet adalah ngarai yang keren banget, bro. Terbentuk karena erosi air sungai dengan pemandangan stalaktit dan diapit perbukitan batu dan pohon-pohon hijau lebat. Lokasinya ada di Kampung Tonjong Roke di ujung selatan Kabupaten Karawang. Namanya Green Canyon karena warna air sungainya hijau, bikin adem mata!

6. Monumen Rawa Gede

Monumen ini dibangun untuk mengenang korban pembantaian oleh tentara Belanda zaman penjajahan. Lokasinya gampang dijangkau karena ada di tepi jalan. Objek wisata sejarah ini ada di jalan Monumen Rawagede, Mekarjaya, Rawamerta, Karawang.

BACA JUGA: Pembatik Cilik Akeyla Naraya Ingin Karya Difabel asal Karawang Mendunia

Pariwisata Gunung Sanggabuana

7. Curug Cigentis Curug lagi, bro!

Karawang emang punya banyak curug keren, salah satunya Curug Cigentis. Di sini, lo bisa merasakan sensasi air terjun yang mempesona dengan pemandangan hijau yang bikin tenang. Lokasinya ada di Mekarbuana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Biasanya, buat nyampe ke curug, kita harus ngelewatin jalanan terjal dan susah, tapi beda sama Curug Cigentis ini yang ada di kawasan pariwisata Gunung Sanggabuana. Jadi, lebih gampang aksesnya, bro!

8. Situ Kamojing

Ada juga Situ Kamojing, danau seluas 5 hektar yang terkenal banget di kalangan warga lokal. Konon, katanya di situ ada buaya bunting yang sering keluar. Tapi jangan khawatir, itu cuma mitos aja, sih. Yang pasti, lo bisa menikmati keindahan danau Kamojing ini tanpa bayar tiket masuk, alias gratis!

BACA JUGA: Hutan Kertas Karawang, Wisata Kekinian yang Instagramable Banget!

9. Bendungan Walahar

Bendungan kuno yang udah ada sejak tahun 1925 ini juga terkenal banget di Karawang. Tempatnya sering banget digunakan buat piknik dan memancing bareng keluarga. Lokasinya di Kutapohaci, Ciampel, Karawang.

10. Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru bisa jadi pilihan buat lo yang pengen liburan di pantai. Letaknya di jalan raya Sungai Buntu. Meskipun aksesnya agak kurang bagus, tapi jangan khawatir, asal lo hati-hati dan waspada, pasti bakal terbayar dengan pemandangan pantai yang mempesona, bro!

Itulah 10 destinasi wisata hits di Karawang yang keren banget buat dikunjungi. Jadi, jangan sampe kelewatan, bro! Ajak teman-teman atau keluarga buat liburan seru di Karawang yang penuh pesona alamnya! ***

Pos terkait