Sebagian Kawasan Candi Borobudur Mulai Ditutup, Ada Ritual Ini

Kawasan Candi Borobudur
Para biksu mengitari Candi Borobudur dalam ritual Hari Waisak. Dok. IStock

TURISIAN.com – Cekidot, Bro! Mulai hari ini Kamis  1 Juni, tepatnya pukul jam 13.00 WIB, kalian gak bisa masuk ke kawasan Candi Borobudur, deh.

Alasannya karena ada acara keagamaan serius buat biksu-biksu thudong dari Thailand yang akan memulai ritual.

General Manager Unit Borobudur, Jamal Mawardi mengatakan bahwa 1 Juni mulai jam 13.00 WIB, Candi Borobudur ditutup buat pengunjung.

BACA JUGA: Liburan di Yogyakarta, Coba Kunjungi Candi Ijo Ini Guys..

”Ada serombongan biksu thudong yang bakal nyelenggarain puja bakti di situ,” katanya kemarin.

Ia juga bilang, bagi yang udah kebelet mau naik candi, bisa dibuka lebih awal, mulai jam 08.00 sampe 12.00 WIB.

“Nah, jam 12.00 WIB itu, loe udah ada di candi, jadi sejam sebelum jam 13.00 WIB, tempatnya udah steril dari pengunjung, Bro,” tambahnya.

BACA JUGA: Letusan Gunung Merapi tak Menggangu Wisatawan Candi Borobudur

Rombongan biksu thudong ini bakal mulai jalan dari Candi Pawon sekitar jam 13.00 WIB, dan diperkirain nyampe di kawasan Candi Borobudur sekitar jam 13.30 WIB.

“Tepat  jam 13.30 WIB, mereka bakal disambut di gerbang Kalpataru. Jadi, kita buka gerbangnya biar biksu-biksu ini bisa langsung naik ke Candi Borobudur,” jelas Mawardi.

BACA JUGA: Ikuti 8 Tips untuk Mengikuti Perayaan Hari Waisak di Candi Borobudur Ini

“Kita akan nyambut mereka dengan baik, tapi bukan acara seremonial gitu, ya. Kita kasih mereka bunga sedap malam sebagai wujud penghormatan, karena mereka mau ngadain pradaksina di candi,” sambungnya.

Yang perlu diinget, Bro, yang gak boleh masuk cuma bangunan candi aja. Kalian masih bisa menikmati pemandangan dari pelataran candi seperti biasa, kayak pas jam buka standar.

Pos terkait