Geopark Merangin Diakui UNESCO, Ini Komentar Gubernur Jambi Al Haris

Geopark Merangin
Araucarioxylon Posil Kayu Permian (300 jt tahun) Kelompok Flora Jambi Possil ini berada di dalam kawasan Geopark Merangin, Jambi. (Instagram/@geoparkmeranginjambi)

TURISIAN.com – Geopark Merangin di Jambi resmi diakui jadi UNESCO Global Geopark (UGG) atau Situs Warisan Dunia, gusy! Acaranya di Paris, Prancis pada hari Rabu, 24 Mei 2023 lalu.

Pemerintah Provinsi Jambi belakangan memang tancap gas untuk merapikan kawasan ini. Mulai dari penataan di lapangan sampe ngebuat dokumen biar dapet sertifikat pengakuan warisan dunia.

Gubernur Jambi, Al Haris,Kamis 25 Mei 2023,  langsung menyampaikan predikat sebagai warisan dunia UNESCO kepada awak media.

Bahkan ia juga langsung menggelar  rapat di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

BACA JUGA: Terpesona Danau Kaco Jambi yang Cantik dengan Air Sebening Kaca

Berita resmi yang dikeluarkan Diskominfo Jambi menyebutkan ada 18 geopark baru yang jadi UGG atau warisan dunia. Dan ada 4 di antaranya yang ada di Indonesia, bro! Ada geopark Ijen, Maros Pangkep, Raja Ampat, dan Geopark Merangin.

Sejak diumumin jadi Geopark Nasional tanggal 1 Maret 2023, Pemerintah Provinsi Jambi terus berusaha gas pol buat merapikan kawasan di sekitar peinggalan bersejarah tersebut.

Baik di lapangan maupun dari segi dokumen, biar bisa dapet sertifikat UGG.

Gubernur Haris juga terus berjuang mati-matian buat dapet pengakuan dari UNESCO ini. Akhirnya, keinginan dan perjuangannya yang ngotot terbayar. Sehingga keinginan mendunia itu jadi salah satu warisan dunia.

BACA JUGA: Danau Ugo, Hidden Gem di Batanghari Jambi yang Indah dan Menenangkan

Patahan-patahan Fosil

“Kami bangga sekali karena Provinsi Jambi dianggap Unesco punya kekhususan. Di Geopark ini, ada patahan-patahan fosil yang udah berumur 300 juta tahun!” ungkap Al Haris.

“Pemerintah Provinsi Jambi bakal usaha keras buat membangun dan mengelola Geopark Merangin dengan baik. Biar ini nggak cuma jadi sejarah Unesco. Tapi juga sejarah bangsa kita, bahwa salah satu geopark dunia ada di Provinsi Jambi, yaitu Geopark Merangin!” tambahnya.

BACA JUGA: Jambi Mantap Expo 2023, Hadirkan Produk Kreativas dan Kuliner Khas

Nah, buat kamu yang mau ke Geopark Merangin, Turisian kasih info rute dan alat transportasinya, nih!

Rute:

  1. Penerbangan: Kamu bisa naik pesawat terbang ke Bandara Sultan Thaha Syaifuddin di Jambi. Dari bandara, perjalanan lanjut ke Geopark Merangin sekitar 7-8 jam dengan menggunakan kendaraan darat.
  2. Kendaraan Darat: Jika kamu berada di Jambi Kota, kamu bisa naik bus atau mobil pribadi ke Sungai Penuh, ibu kota Kabupaten Merangin. Perjalanan darat dari Jambi Kota ke Sungai Penuh memakan waktu sekitar 6-7 jam. Setelah sampai di Sungai Penuh, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Geopark Merangin dengan menggunakan kendaraan pribadi atau ojek.

Alat Transportasi:

  1. Bus: Ada beberapa perusahaan bus yang menyediakan layanan dari Jambi Kota ke Sungai Penuh. Kamu bisa mencari informasi mengenai jadwal dan tarif bus ke Sungai Penuh di terminal atau agen bus terdekat.
  2. Ojek: Setelah tiba di Sungai Penuh, kamu bisa naik ojek untuk menuju Geopark Merangin. Pastikan untuk menawar harga dengan sopir ojek sebelum memulai perjalanan.

Penting banget, bro, untuk mempersiapkan perjalanan dengan baik. Jangan lupa cek kondisi jalan, jadwal transportasi, dan sedia makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan yang lumayan panjang. Selamat jalan dan selamat menikmati Geopark Merangin yang keren abis!

Pos terkait