Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor Diresmikan, Pengen Tau Penataannya?

Kawasan Taman Anggrek
Kawasan Taman Anggrek yang di bangun di Kebun Raya Bogor. Foto: Dok.pu.go.id

TURISIAN.com – Baru-baru ini Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri meresmikan Penataan Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor. Sekarang tambah keren lho!

Megawati sendiri, selian Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), juga Ketua Umum Yayasan Kebun Raya Indonesia, pas kan?

Ada beberapa orang penting yang ikut hadir nemenin peresmian ini. Salah satunya Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mohammad Zainal Fatah.

Ia mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang berhalangan hadir. Trus ada juga Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko.

Dalam sambutannya, Presiden RI ke-5, Megawati, bilang selamat buat diresmikannya Rumah Kaca Anggrek Kebun Raya Bogor. Dia juga ngucapin selamat ulang tahun ke-206 buat Kebun Raya Bogor.

BACA JUGA: PHRI Kota Bogor Apresiasi Event Lima Bukit Challenge 2022

Kebun raya ini adalah kebanggaan kita, nih, Indonesia. Megawati juga ngasih pesan ke BRIN supaya riset yang dilakukan harus berguna buat bangsa dan negara, ya, seperti teknologi yang bermanfaat.

Sementara itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, ngasih sambutan lewat Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah.

Dia bilang, Kementerian PUPR udah ngerjain Penataan Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor. Atau yang lebih dikenal dengan Griya Anggrek, dari tahun 2019 sampe 2021.

Pusat Konservasi Tumbuhan

Tempat ini dipake buat konservasi dan penelitian tanaman anggrek, lho.

Dengan penataan kawasan Taman Anggrek yang dilakukan oleh Kementerian PUPR, kita berharap bisa lebih mendukung fungsi kebun raya sebagai tempat konservasi, penelitian, pendidikan, wisata, dan jasa lingkungan.

Kebun raya ini juga jadi pusat konservasi tumbuhan, penelitian, dan wisata edukasi khususnya buat tanaman anggrek. Mantap, kan?

BACA JUGA:3 Bubur Legendaris Kota Bogor, Pas Buat Memulai Hari Berenergi

ementerian PUPR sebagai pembina Bangunan Gedung juga pastiin bahwa pembangunan Rumah Kaca Anggrek ini udah memenuhi standar teknis bangunan gedung yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021. Yakni, tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. Jadi, udah serba oke, deh!

Dalam penataan bangunan Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor ini, kita bikin Rumah Kaca Induk, Laboratorium Kultur Jaringan, Bangunan Penghubung Griya Anggrek, dan Ruang Display.

Pembangunan Rumah Kaca Induk

Pembangunannya dilakukan secara bertahap, mulai dari pembangunan Rumah Kaca Induk dan Laboratorium Kultur Jaringan pada Desember 2019 sampe November 2020, senilai Rp35,9 miliar.

Terus dilanjutkan dengan penataan bangunan penghubung, bangunan display di sisi kanan dan kiri, dan area servis pada tahun 2021 dengan biaya sekitar Rp2,4 miliar. Duitnya gak main-main, kan?

BACA JUGA: Ada Resto Yang Lagi Ngehits di Kota Bogor, Apa Itu?

Rumah Kaca Induk ini dirancang supaya bisa digunakan dengan maksimal untuk kegiatan di Kebun Anggrek Kebun Raya Bogor. Seperti eksplorasi tanaman anggrek, perawatan, isolasi tanaman, dan juga buat ruang koleksi. Serta pameran tanaman anggrek yang ada di kebun anggrek itu.

Nah, Laboratorium Kultur Jaringan juga dibikin buat dukung kerja staf dan berbagai kegiatan persiapan pembuatan media tanam.

Di situ ada ruang penanaman kultur, ruang inkubasi, sterilisasi, dan penyimpanan media steril, juga ada perpustakaan. Semuanya lengkap deh!

Bangunan Griya Anggrek dan ruang display yang ada di sebelah kanan dan kiri juga keren abis, lho! Di situ juga jadi tempat memorial sejarah dan berisi informasi tentang berbagai jenis anggrek serta koleksi anggrek hibrida.

Pasti seru banget buat wisata edukasi, kan?

BACA JUGA: Devoyage Bogor, Siap Memanjakan Pengunjung di Libur Lebaran

Jadi, dengan penataan kawasan Taman Anggrek ini, Kebun Raya Bogor semakin kece, dan bisa dipake buat konservasi, penelitian, pendidikan, wisata, dan jasa lingkungan.

Dukungan dari Kementerian PUPR juga sangat penting dalam pembangunan ini. Dan semua bangunan udah sesuai dengan standar teknis yang berlaku. Keren banget buat bangsa dan negara!

Itulah cerita tentang peresmian Penataan Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor yang diresmikan oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Semoga dengan adanya penataan ini, kebun raya kita makin jadi tempat yang indah dan bermanfaat bagi kita semua. Ayo, jangan lupa mampir ke sana buat nikmatin keindahan anggrek dan belajar tentang konservasi alam, ya! ***

Pos terkait