Destinasi Wisata Baru Pulau Mentawai, Yuk Ngulik Budaya Masyarakat Setempat

Destinasi Wisata Baru
Potret wanita suku Mentawai di Muara Siberut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – Yuk, guys! Kita bahas destinasi wisata baru nih buat kamu-kamu yang lagi bosen sama rutinitas. Ada satu tempat yang super keren banget buat kamu.

Terutama, yang suka sama alam dan bahari, yaitu Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat ! Kepulauan ini punya empat pulau besar dan ratusan pulau kecil yang semuanya punya keindahan alam yang nggak kalah dari surga, lho!

Bagi kamu yang suka peselancar, kamu harus banget datang ke pulau-pulau di Kepulauan Mentawai. Pantainya asli dan alami banget, ombaknya juga luar biasa.

Makanya, nggak heran kalau jadi salah satu ombak terbaik di dunia. Selain peselancar, kamu juga bisa menikmati destinasi wisata baru disini, seperti snorkeling, diving, hiking dan berkeliling dengan perahu kecil untuk menikmati keindahan alam di sekitar pulau.

BACA JUGA: Tradisi Kikir Gigi, Dari Mentawai Hingga Bali Sebagai Pendewasaan Diri

Kalau kamu mampir ke Pulau Sipora, kamu bisa menikmati pantai yang super kece dan ombak yang bikin hati berdebar.

Di sini juga ada hutan tropis yang masih alami dan terawat, jadi bisa jadi tempat yang oke buat hunting foto ala-ala.

Pulau Pagai juga nggak kalah menariknya karena pantainya masih alami dan asri banget. Tentunya, ada ombak yang bikin kamu mupeng buat surfing.

Di sini kamu juga bisa lihat banyak satwa liar seperti monyet, babi hutan, dan kancil. Kayak di film-film petualangan gitu, guys!

Pulau Siberut juga nggak boleh kamu lewatkan. Ini adalah pulau terbesar di Kepulauan Mentawai yang punya hutan tropis yang lebat dan jadi rumah bagi suku Mentawai.

BACA JUGA: Pulau Sanding Sumbar Tawarkan Keindahan Alam dan Berbagai Aktivitas Seru

Bisa Lihat Air Terjun

Mereka, masih memegang teguh tradisi dan budaya asli mereka. Kamu juga bisa lihat air terjun yang keren banget dan pantai yang masih alami dan menawarkan pemandangan yang indah.

Last but not least, ada Pulau Karamajat yang punya hutan yang masih alami dan dipenuhi dengan berbagai jenis flora maupun fauna yang unik.

Ada pantai yang bikin kamu pengen berlama-lama dan menikmati pemandangan yang indah.

Nah, gak cuman cantik aja, pada kawasan iniĀ  juga punya kebudayaan yang keren banget. Suku Mentawai emang terkenal banget deh dengan ciri khas mereka yang melekat erat sama tradisi dan kebudayaannya.

BACA JUGA: Perairan dan Pantai Berpotensi Gelombang Tinggi, BMKG Minta Waspadai Kawasan Ini

Ngomongin suku Mentawai, pasti langsung kepikiran sama tato-tato unik yang mereka punya. Tato Mentawai tuh super indah dan punya makna yang dalam banget, bro.

Masing-masing tato itu punya filosofi tersendiri dan sering kali bercerita tentang hubungan suku Mentawai sama alam.

Selain buat tampil keren, tato juga dipake buat nunjukin status dan peran sosial seseorang dalam masyarakat mereka.

Nggak cuma tato, tarian adat suku Mentawai juga super keren dan menarik. Biasanya tarian adat ini dilakukan di upacara tertentu. Kayak upacara penyambutan tamu atau upacara pemulihan kesehatan.

BACA JUGA: Sumbar Ingin Seperti Bali, Wagub Audy Bawa Rombongan ke Kuta

Gerakannya yang indah dan dilengkapi musik tradisional khas Mentawai bikin kita jadi bener-bener terpana, sis.

Kalo lu pengen wisata yang beda, Kepulauan Mentawai bisa jadi pilihan yang keren banget. Bisa liat keindahan alam yang masih asli dan bikin hati tenang, sambil belajar tentang kebudayaan asli Indonesia yang masih terjaga.

Lu juga bisa kunjungin desa-desa tradisional suku Mentawai buat belajar langsung tentang budaya mereka.

Jadi, kalo lu lagi bosen dan pengen cari destinasi wisata baru, lu wajib banget deh mampir ke Kepulauan Mentawai. Udah pasti bakal jadi pengalaman yang gak bakal lu lupa seumur hidup, bro.

BACA JUGA: Sumbar Buka Hotline Pengaduan Wisatawan saat Liburan Lebaran

Bagi kalian yang uda punya niat ke Mentawan, Turisian.com akan kasih tau nih tentang rute dan alat transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju ke Kepulauan Mentawai!

Rute Untuk mencapai Kepulauan Mentawai

Kamu harus terlebih dahulu menuju kota Padang, ibu kota Provinsi Sumatera Barat. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Muara Siberut dengan menggunakan kendaraan darat atau mobil travel.

Dari Pelabuhan Muara Siberut, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan kapal feri menuju Kepulauan Mentawai.

Alat Transportasi

  • Pesawat Terbang: Kamu bisa naik pesawat dari kota asalmu menuju Bandara Internasional Minangkabau yang terletak di Padang. Kemudian dari sana kamu bisa menggunakan kendaraan darat seperti mobil travel untuk menuju Pelabuhan Muara Siberut.
  • Kendaraan Darat: Setelah tiba di Padang, kamu bisa menggunakan kendaraan darat seperti mobil travel atau taksi untuk menuju Pelabuhan Muara Siberut. Biasanya perjalanan darat memakan waktu sekitar 4-5 jam.
  • Kapal Feri: Setelah tiba di Pelabuhan Muara Siberut, kamu bisa naik kapal feri untuk menuju Kepulauan Mentawai. Kapal feri biasanya beroperasi pada jam-jam tertentu dan memakan waktu sekitar 10 jam.

Nah, itu tadi rute dan alat transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju Kepulauan Mentawai. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan jadwal dan ketersediaan transportasi yang kamu gunakan ya! ***

Pos terkait