Event 210 Domba Guling jadi Acara Spektakuler Lho, Ada 10.000 Pengunjung

Acara Spektakuler
Seorang juru masak profesional (chef) memotong bagian domba guling untuk dihidangkan ke pengunjung, Sabtu malam 6 Mei 2023. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Siapa yang tidak suka daging guling? Pasti semua orang suka! Nah, kali ini ada acara spektakuler yang baru pertama diadakan di Indonesia dan dunia.

Acara ini diadakan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut untuk memulihkan ekonomi di sektor pariwisata. Gimana ceritanya?

Jadi, pada Sabtu malam, 6 Mei 2023, sekitar 6.000 warga Garut, Jawa Barat berkumpul di sepanjang 1 kilometer Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Tarogong Kaler.

BACA JUGA: Desa Wisata Sindangkasih Garut Tawarkan Beragam Aktivitas Wisata yang Asyik

Di sana, digelar acara pemecahan rekor MURI 210 Domba Guling. Keren, kan?

Ternyata, acara ini dikunjungi oleh lebih dari 10.000 orang, lho! Aduh, jadi ngiler banget pengen ikutan!

Ratusan chef juga ikut meramaikan acara ini dengan mengolah domba guling di atas perapian arang yang dibuat memanjang di tepi sawah.

BACA JUGA: Festival 1.000 Liwet Garut, Bakal Menghadirkan Wisata Kuliner Unik

Hmm, betapa menggiurkannya aroma domba guling yang merebak di lokasi acara tersebut.

Ketua PHRI Garut, Deden Rohim, bilang kalau 210 ekor domba yang disajikan dalam acara ini merupakan domba pilihan asli Garut dan berkualitas tinggi. Jadi, makin bikin ngiler aja deh!

Yang bikin heboh, para chef atau koki profesional yang terlibat dalam acara ini berjumlah 200 orang! Wah, banyak banget!

BACA JUGA: Menikmati Pesona Alam Pantai Santolo di Ujung Selatan Garut

Mereka semua dipersiapkan untuk menyiapkan dan mengolah domba guling massal hingga siap disantap. Seru banget, ya!

Mengangkat Pariwisata

Menurut Deden Rohim, acara ini juga sebagai upaya mengangkat pariwisata agar kembali menggeliat pascapandemi sekaligus mendongkrak kunjungan wisatawan ke Garut.

Gimana nggak, acara ini kan baru pertama kali di dunia!

BACA JUGA: Piknik ke Garut, Mampirlah ke Pabrik Dodol Legendaris Ini

Sebenernya, di acara ini ada sekitar 6.000 porsi makanan gratis (domba guling) yang disiapkan. Tapi, ternyata yang datang sekitar 10 ribu orang! Wah, luar biasa banget, ya!

Acara ini juga berkolaborasi dengan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) lho! Ada fun rally wisata.

Di mana mereka mendatangkan Harley Davidson dari seluruh Indonesia dan mengawal Campervan dari seluruh Indonesia menuju salah satu destinasi wisata di Kabupaten Garut yaitu Lamping Cirorek.

BACA JUGA: Pemkab Garut Bakal Perbaiki Akses Masuk Taman Satwa, Memudahkan Wisatawan

Ketua panitia kegiatan itu, Fiki Radiansyah, bilang kalau kegiatan utama dalam acara ini adalah memecahkan MURI penyajian domba guling terbanyak.

Selain itu, dalam acara itu juga terdapat 210 unit Harley Davidson, 210 Campervan, dan 210 Indonesian Chef Association (ICA). Keren banget, kan!

Wakil Ketua Bidang Pemasaran dan Promosi PHRI Kabupaten Garut, Ato Hermanto, bilang kalau mudah-mudahan dengan datangnya HDCI (dan) 210 mobil Campervan, ini akan viral, akan menjadi mendunia.

“Mudah-mudahan dari kegiatan acara spektakuler ini, ini adalah merupakan kado ulang tahun khusus Kabupaten Garut ke-210 tahun,” kata Ato, yang juga Ketua HDCI Kabupaten Garut itu. ***

Pos terkait