Destinasi di NTT Siap Menyambut Wisman di Event KTT ASEAN ke-42

Destinasi di NTT
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan Bandara Komodo, Labuan Bajo untuk menyambut delegasi KTT ASEAN ke-42. Foto: Dok.Kemenhub

TURISIAN.com – Labuan Bajo, destinasi di NTT (Nusa Tenggara Timur)  ini siap menjadi tuan rumah acara bergengsi tingkat internasional yaitu KTT ASEAN ke-42 pada 9-11 Mei 2023 mendatang.

Menyambut tamu dari seluruh dunia, Bandara Komodo, Labuan Bajo pun telah dipersiapkan dengan baik. Hal ini untuk memastikan kelancaran lalu lintas penerbangan selama acara tersebut.

Tidak hanya sebagai pusat penghubung untuk tamu VVIP dan delegasi yang hadir saja. Tetapi, Bandara Komodo juga tetap memberikan akses penerbangan reguler bagi para wisatawan.

Terutama, bagi mereka yang ingin menikmati keindahan Labuan Bajo. Bahkan, selama masa penyelenggaraan KTT ASEAN, Bandara Komodo akan beroperasi 24 jam.

BACA JUGA: Delegasi KTT ASEAN Bakal Disajikan Hidangan Laut, Kaya Gini Lho.

Dan memiliki penambahan atau extra flight untuk penerbangan reguler.

Sementara itu, guna  memastikan keselamatan, keamanan, dan kelancaran kementerian perhubungan (Kemenhub) telah mengatur  lima jenis penerbangan.

Yaitu untuk VVIP, militer, charter, private, maupun penerbangan reguler. Dengan demikian diharapkanseluruh jenis penerbangan dapat berjalan seimbang.

Bagi para pengunjung yang akan menggunakan penerbangan reguler dari dan ke Labuan Bajo, diharapkan untuk memperhatikan jadwal penerbangan.

BACA JUGA: Ideathon, Event yang Menghadirkan Ekosistem Floratama di Labuan Bajo

Meminimalkan Dampak Gangguan

Terutama pada hari puncak kedatangan dan kepulangan tamu VVIP pada 9 dan 11 Mei 2023. Kemenhub juga mengimbau kepada pengelola maskapai dan bandara untuk memberikan informasi yang jelas kepada para penumpang.

Khususnya, mengenai perubahan jadwal penerbangan, penundaan, pembatalan, kompensasi, proses refund, dan lain sebagainya sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Surat Edaran.

Sebagai upaya untuk meminimalkan dampak gangguan penerbangan para tamu undangan dan delegasi. Seluruh pesawat VVIP negara anggota ASEAN akan parkir menginap (RON) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali, di Apron Utara dan Apron Selatan.

Namun, seluruh pengunjung tetap dapat menikmati keindahan Labuan Bajo dengan berwisata di tempat-tempat menarik yang ada di sana.

BACA JUGA: Ada Wisata ‘Tandingan’ di Dekat Taman Nasional Komodo Labuan Bajo

Karena saat ini, Labuan Bajo telah menjadi destinasi wisata yang semakin populer di Indonesia dan bahkan dunia.

Pesona alamnya yang indah, seperti pantai-pantai eksotis, pulau-pulau yang menawan, dan perairan laut yang kaya akan keanekaragaman hayati. Semua itu, akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Jadi, jika Anda sedang mencari tempat wisata yang memukau, Labuan Bajo adalah pilihan yang tepat. Destinasi di NTT ini menyimpan banyak keindahan.

Dengan suasana yang ramah, panorama yang indah, serta fasilitas yang memadai, tidak heran jika Labuan Bajo menjadi tujuan liburan yang wajib dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia. ***

Pos terkait