6 Agenda Wisata di Tanah Datar Siap Sambut Wisatawan Lebaran

Wisata di Tanah Datar
Danau Singkarak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang di kelilingi sabana menawarkan keindahan tersendiri. Foto: Dok. IStock

TURISIAN.com – Ada 6 agenda wisata di Tanah Datar,  Sumatera Barat, siap menyambut wisatawan saat libur Lebaran atau Idul Fitri 2023.

“Kami siap menerima kunjungan wisatawan selama libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri. Ada beberapa agenda wisata yang telah kita siapkan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar Agung Indrianto, Jumat 21 April 2023.

Menurut Agung, keenam agenda wisata itu tersebar di beberapa kecamatan. Untuk agenda wisata pertama akan dilaksanakan saat Lebaran pada 22-23 April 2023 di Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo.

Dilanjutkan dengan agenda Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruah Bukik. Acaranya, akan dilaksanakan pada 24-30 April 2023 di Nagari Andaleh Baruah Bukik, Kecamatan Sungayang.

BACA JUGA: Sumbar Buka Hotline Pengaduan Wisatawan saat Liburan Lebaran

Kemudian, agenda Pesona Sawah Tangah pada 25-27 April 2023 di Nagari Sawah Tangah, Kecamatan Pariangan.

Dan Rang Sungayang Mangiak Olek pada 29-30 April di Nagari Sungayang, Kecamatan Sungayang.

Lalu, agenda Pagaruyung Islamic Art Festival pada 27-30 April 2023. Serta,  terakhir agenda Pacu Kuda pada 30 April dan 1 Mei 2023 di Galanggang Dang Tuanku Bukit Gombak Batusangkar.

Agung mengatakan untuk menjadikan destinasi wisata di Tanah Datar aman dan nyaman dikunjungi wisatawan. Maka, Pemkab Tanah Datar telah melakukan monitor dan evaluasi ke destinasi unggulan.

BACA JUGA: Menyambut Libur Lebaran, 327 Desa Wisata Sumbar Siap Dikunjungi

Selain itu, Dinas Pariwisata juga telah melakukan pertemuan dengan pengelola obyek wisata utama dan ekonomi kreatif.

Pertemuan ini, dalam rangka mengingatkan para pelaku agar melakukan persiapan yang maksimal untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan.

“Hal-hal penting yang wajib menjadi perhatian seperti keramahtamahan, kebersihan, kepastian harga yang wajar dan pelayanan terbaik di segala aspek,” kata dia.

Terkait produk ekonomi kreatif yang akan ditampilkan, pelaku usaha diminta untuk menampilkan produk-produk terbaik yang menarik dengan kualitas dan harga yang bersaing. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait