Libur Lebaran 2023 Dimajukan, Ini Pertimbangan Pemerintah

Libur Lebaran 2023
Ilustrasi. Tradisi masyarakat Indonesia selalu melakukan perjalanan mudik, setiap menjelang Lebaran atau Idul Fitri. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – Pemerintah memutuskan memajukan libur lebaran 2023 yang semula pada 21 April, kini menjadi mulai dari 19 April 2023.

Keputusan ini, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan, sudah dapat ditetapkan sebagai peraturan presiden atau perpres.

“Kita ajukan kepada Bapak Presiden untuk menjadi perpres itu perubahan libur cuti bersama yang sudah diketahui,” kata Muhadjir usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Selasa  4 April 2023.

Menurut Muhadjir pertimbangan dimajukannya libur lebaran untuk mengantisipasi kepada kepadatan arus mudik.

Dimana, sebelumnya diperkirakan 85 juta, kini bertambah menjadi 123 juta orang. Karena itu, perubahan tanggal libur lebaran dan cuti bersama dianggap sangat penting.

BACA JUGA: Info Penting Buat Calon Pemudik Saat Beli Tiket Penyeberangan, Apa Itu?

“Jadi kami beri waktu agak panjang agar nanti mereka tidak mudik dalam satu hari yang bersamaan. tapi mungkin 2-3 hari sebelum itu. Sehingga tidak akan mengganggu manajemen tata kelola lalu lintas perjalanan mudik,” jelas dia.

Sebagaimana diketahui, cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah awalnya dimulai pada 21 sampai 26 April 2023.

Namun, pemerintah mengubah susunan cuti bersama menjadi dimulai 19 sampai 25 April 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, hal ini diputuskan dengan  mempertimbangkan tingkat arus mudik Libur Lebaran 2023 yang diprediksi akan tinggi.

BACA JUGA: Pemkot Cilegon Siapkan 1.000 Mudik Gratis, Ini Syaratnya

Mencegah Penumpukan

Sehingga, pemerintah memutuskan memajukan cuti bersama untuk mencegah penumpukan.

“Itu alasannya apa, karena secara tradisional keinginan untuk mudik ini tinggi sekali, dengan volume yang banyak dan kalau dilihat itu tertuju sama hanya tanggal 21. Maka terjadi penumpukan yang luar biasa,” paparnya.

Dengan dimajukan libur lebaran ini, diharapkan pemudik bisa mulai (mudik) dari tanggal 18 (April) sore, 19, 20, 21.

BACA JUGA: AirAsia Rewards Berikan Tiket Gratis Menjelang Lebaran

Sementara itu, Polri akan  mengerahkan 148.211 personel untuk operasi ketupat pada musim mudik 2023. Dari total jumlah tersebut, terbagi dengan tiga kekuatan.

Dari Mabes Polri, misalnya ada 1.240 personel yang dikerahkan. Kemudian, di Polda seluruh wilayah 91.153 personel, dan instansi terkait 55.818 personel.

“Kami mengerahkan personel 2 per 3 dari kekuatan. Dari mabes polri sendiri satgas pusat ada 1.240 personel. Dimana, mereka nantinya  akan membekup satgas-satgas yang ada di polda atau di kewilayahan,” kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan saat rapat dengan Komisi V DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, hari ini. ***

Pos terkait