Aceh Ramadhan Festival Undang 100.000 Pengunjung, Gebyar di Beberapa Titik Ini

Aceh Ramadhan Festival
Kawasan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh ini akan menjadi lokasi pelaksanaan Aceh Ramadhan Festival 2023. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – Event tahunan Aceh Ramadhan Festival atau Ramfest yang berlangsung di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh bakal menyedot 100 ribu pengunjung.

Dalam kegiatan menyambut bulan suci yang akan dilaksanakan selama 9-13 April tersebut akan diisi oleh berbagai acara.

“Aceh Ramadhan Festival akan bertransformasi menjadi sebuah event religi yang sangat khas dan menggambarkan citra Aceh sebagai Serambi Mekkah,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh Almuniza Kamal di Banda Aceh, Selasa 4 April 2023.

Nantinya, akan ada sejumlah kegiatan dalam rangkaian acara Aceh Ramfest dengan menggandeng sejumlah pihak, seperti pelajar, santri, pelaku seni dan budaya, komunitas, serta UMKM.

BACA JUGA: Menengok Jejak Sejarah di Benteng Trumon Aceh Selatan

Aceh Ramfest ditargetkan dapat mengundang hingga 100.000 pengunjung ke lima titik lokasi berbeda.

Yakni,  Masjid Raya Baiturrahman, Lapangan Eks Hotel Aceh, Pasar Takjil Jalan Garuda, Pasar Takjil Makam Pahlawan Peuniti, serta Pasar Takjil Peunayong.

Pengunjung bisa menyaksikan berbagai atraksi sejak sore hari. Seperti kirab Ramadhan, pawai idang talam. Serta parade sepeda, motor, dan vespa hias yang bakal melintasi kompleks Masjid Raya Baiturrahman.

Pekan Kebudayaan Aceh

Adapun Aceh Ramfest 2023 mengambil tema “Perjalanan Spiritual di Serambi Mekkah”. Pilihan ini, sebagai bentuk kampanye menyongsong Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII pada Agustus mendatang.

BACA JUGA: Banda Aceh Pulihkan Kembali Wisata Diving Terbaik, Seperti Ini Kondisinya

“Rangkaian Aceh Ramfest tahun ini lebih menitikberatkan pada berbagai pengalaman. Termasuk, kajian keagamaan dan pelestarian tradisi dan budaya yang melekat pada bulan Ramadhan. Sehingga dapat menjadi daya tarik wisatawan nusantara dan mancanegara,” ujar Almuniza.

Adapun Aceh Ramfest sudah dinobatkan sebagai salah satu event nasional yang masuk ke dalam 100 besar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“Aceh Ramadhan Festival tahun ini akan diselenggarakan secara kolaboratif,” ujarnya.

“Kami akan berkolaborasi dengan UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Pemkot  Banda Aceh, dan Kemenparekraf RI. Serta juga sudah meminta arahan atau nasihat dengan MPU Aceh untuk kesuksesan Ramfest 2023,” sambungnya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait