Petualangan ke Air Terjun Putri Khayangan, Surga Tersembunyi di Kampar Riau

Air Terjun Putri Khayangan
Air Terjun Putri Khayangan Kab. Kampar, Riau. (Source: Disparbud Kab. Kampar)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang hobi petualangan di alam bebas, mesti coba menyambangi Air Terjun Putri Khayangan. Sebuah air terjun yang tidak terlalu tinggi namun cukup cantik dan memukau. Hingga tak heran, kalau air terjun ini viral dan terkenal sebagai surga tersembunyi di Kabupaten Kampar.

Pesona air terjun kecil ini tampak dari aliran airnya yang melewati bebatuan berundak-undak. Di sekelilingnya terdapat kawasan hutan dengan barisan pepohonan yang begitu rapat.

Adanya area hutan itu pun, membuat udara di destinasi wisata Air Terjun Putri Khayangan sangat sejuk dan menyegarkan. Perpaduan indah air terjun, aliran sungai, dan area hutan, sungguh menjadi bukti sebuah surga yang tersembunyi.

Kala berkunjung ke sini, Sobat Turisian dapat menaiki tebing air terjun. Di situ, kalian bisa duduk-duduk di bagian atas atau sambil bermain air. Bahkan dengan berdiam diri atau bersantai saja di sini sudah bisa menjadi kebahagiaan tersendiri.

Di objek wisata Air Terjun Putri Khayangan ini, Sobat Turisian dapat menyepi dan menyegarkan kembali tubuh dan pikiran. Dapat menjadi kegiatan forest healing yang seru dan mengasyikkan. Beraktivitas trekking, berdiam diri, dan santai di air terjun di tengah hutan, juga bisa merupakan kegiatan forest healing.

Baca juga: Danau Rusa Kampar Riau dengan Sajian Pemandangan yang Memukau

Kemudian bisa juga dengan mendengar suara-suara air, hewan, dan angin yang mengenai dedaunan dan dahan. Semuanya akan membuat pikiran tenang dan hati menjadi bahagia.

Aktivitas wisata yang seru lain yang bisa Sobat Turisian lakukan di wisata Air Terjun Putri Khayangan, di antaranya kegiatan canyoning. Aktivitas ini tidak begitu berat, sehingga bisa anak-anak coba. Kegiatan ini akan mengajak Sobat Turisian menyusuri ngarai-ngarai di sepanjang Sungai Kapur.

Pemandangan bentangan alam di sini pun bisa Sobat Turisian nikmati melalui aktivitas trekking. Dengan jalur mengikuti aliran air menuju lokasi air terjun tersebut.

Lokasi & Akses ke Air Terjun

Tempat wisata ini terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Berada di dekat perbatasan Riau (Kabupaten Kampar) dengan Sumatera Barat (Kabupaten Lima Puluh Kota). Sekelilingnya terdapat area perbukitan dan kawasan hutan.

Untuk menjangkau air terjun tersebut, Sobat Turisian harus tiba terlebih dahulu di Desa Tanjung. Namun butuh perjuangan dan nyali yang tak pantang menyerah. Pasalnya, dari Desa Tanjung itu kalian harus naik sampan boat dan jalan kaki menyusuri jalan setapak di pinggir hutan dan sungai yang berbatu.

Baca juga: Gulamo, Surga Tersembunyi di Kabupaten Kampar yang Indah Mirip Green Canyon

Tetapi perjalanan ke Air Terjun Putri Khayangan akan menyenangkan. Karena sepanjang jalan Sobat Turisian bisa menikmati sajian pemandangan alam yang indah. Tampak view sungai yang di kedua sisinya terdapat bebatuan, mengundang decak kagum.*

 

Pos terkait