Wah Segarnya Olahan Es Khas Kota Blitar, Pelepas Dahaga yang Enak!

Es Blitar
Es Pleret Blitar.

TURISIAN.com – Saat Sobat Turisian berkunjung ke Kota Blitar, Jawa Timur jangan lupa mencicipi aneka jenis kuliner khasnya. Mulai dari camilan, masakan, kue, hingga minuman menyegarkan. Nah kalau mau melepas dahaga di siang hari, kalian mesti coba dua es khas kota Blitar, yaitu Es Pleret dan Es Drop.

Jajanan es khas Kota Blitar tersebut akan mudah Sobat Turisian temukan di sana. Selain enak dan menyearkan, harganya pun sangat terjangkau. Hingga tak heran kedua makanan ini banyak penggemarnya dan mampu bertahan sejak lama.

Es Pleret 

Makanan es khas Blitar yang satu ini terbuat dari tepung beras dan biasanya memakai pewarna makanan. Seperti merah, putih, atau hijau agar terlihat lebih menarik. Minuman ini sepintas mirip es cendol atau dawet, namun pleret berbentuk bola-bola.

Rasa manis minuman es Blitar tersebut sangat khas, karena es pleret tersaji dengan gula Jawa cair atau banyak orang Jawa yang menyebutnya juruh. Gula ini sebagai bahan pemanis alami minuman tersebut, sehingga pleret berbentuk bola-bola ini ketika Sobat Turisian makan terasa nikmat manisnya dan segar.

Kemudian setelah Es Pleret ada campuran juruh, lalu tambah kuah santan untuk memberi rasa gurih dan tambahan potongan es batu. Jadi sangat menyegarkan buat melepas dahaga.

Baca juga: Wisata Sejarah ke Istana Gebang Blitar, Tempat Masa Muda Bung Karno

Sobat Turisian yang tertarik minuman es ini dapat menemukan penjualnya yang sudah legendaris di sekitar tempat wisata Kebonrojo, Makam Bung Karno, PIPP, dan Alun-alun kota.

Es Drop 

es blitar

Olahan makanan es berikut ini juga termasuk legendaris di Kota Blitar dan menjadi rekomendasi bagi wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut. Selain menyegarkan, rasanya cukup memanjakan lidah.

Es drop pada dasarnya termasuk es lilin dengan panjang 10 cm. Jajanan enak ini terbuat dari bahan dasar gula merah dan santan yang dibekukan.

Jenis es yang satu ini termasuk kuliner legendaris khas Blitar karena sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Tepatnya sekitar tahun 1937 dengan cita rasa yang masih bertahan dan tidak berubah sampai saat ini.

Baca juga: Air Terjun Njumeg di Kabupaten Blitar yang Indah dan Bikin Betah

Kalau Sobat Turisian ingin mencoba dan membeli Es Drop dapat menemukannya di pedagang keliling di sekitaran Blitar kota. Para pedagang es tersebut mengayuh sepeda tentunya dengan membawa wadah berwarna merah. Suara ting..ting..ting dari lonceng kecil menjadi ciri khas  para penjual Es Drop tersebut.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disbudpar Kota Blitar

Pos terkait