Memanjakan Mata di Savana Bukit Lamando Buton Selatan yang Menawan

Bukit Lamando
Savana Bukit Lamando di Buton Selatan, Sultra. (Disparekraf Bbuton Selatan)

TURISIAN.com – Berlibur ke Kabupaten Buton Selatan di Sulawesi Tenggara (Sultra) bukan objek wisata pantai yang bisa Sobat Turisian kunjungi. Ada juga Padang Savana Bukit Lamando yang terkenal juga dengan sebutan Bukit Rongi.

Tempat ini termasuk salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Buton Selatan. Bentangan savananya begitu luas dan berada di daerah ketinggian. Bakal memanjakan mata Sobat Turisian saat berada di sana.

Bukit Lamando sendiri merupakan bukit hijau nan indah, memiliki hamparan padang savana rumput yang sangat luas. Di dalamnya terdapat gugusan bukit bak sebuah lukisan.

Uniknya lagi, ketika musim kemarau, padang rumputnya terlihat menimbulkan gradasi hijau dan cokelat keemasan yang sangat cantik. Tampilannya pun serupa dengan bukit teletubbies di film anak.

Saat liburan di bukit ini, Sobat Turisian bukan hanya menikmati hamparan hijau savana yang menawan. Dari sini, kalian juga dapat menyaksikan view Teluk Sampolawa yang berjarak sekira 11 km.

Baca juga: Menyelami Keindahan Bawah Laut Pulau Batu Atas di Buton Selatan

Jika tertarik bermalam di Savana Bukit Lamando, Sobat Turisian bisa mendirikan tenda karena areanya sangat cocok untuk menjadi camping ground. Begitu malam tiba, pemandangan langitnya sangatlah indah. Sungguh eksotik dan romantis kalau kalian nikmati bersama orang tercinta.

Daya Tarik Perkampungan

Setelah puas mengeksplorasi keindahan savana ini, Sobat Turisian bisa mampir ke perkampungan yang berada di bawah kaki bukit. Masyarakat kampung tersebut masih menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

Tak hanya keramahan masyarakatnya, suasana pedesaannya pun cukup damai. Tampak pula deretan rumah panggung penduduk yang berbaris rapi semakin menambah daya tarik wisata Bukit Lamando.

Berbekal pesona keindahannya, bukit ini menjadi destinasi liburan populer di Buton. Bahkan destinasi wisata alam ini masuk nominasi pada ajang bergengsi tingkat nasional. Sebagai salah satu Destinasi Terpopuler untuk Kategori Dataran Tinggi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2020 yang bersaing dengan 10 daerah lain di Indonesia.

Baca juga: Cantiknya Pesona Alam Pantai One Mopute di Buton Selatan

Lokasi Savana Bukit Lamando

Wisata padang savana tersebut berlokasi di Desa Sandang Pangan, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Baubau, hanya berjarak sekitar 30 km dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit. Sehingga tempat ini menjadi salah satu alternatif liburan masyarakat Buton dan sekitarnya.

 

Pos terkait