Persebaya Gelar Ajang Green Force Run 2023, Tembus di 1.300 Peserta

Ajang Green Force Run
Chief Marketing Officer PT Santos Jaya Abadi, Christeven Mergonoto saat melepas peserta Green Force Run 2023 di Jalan Made, Surabaya, Minggu 12 Februari 2023. (Instagram/@officialpersebaya

TURISIAN.com – Sebanyak 1.300 pelari dari berbagai daerah mengikuti Ajang Green Force Run 2023 yang digelar PT Persebaya Indonesia, Minggu 12 Februari 2023.

Event ini merupakan gerakan untuk  mempromosikan gerakan “Sport Tourism” atau pariwisata olahraga di Kota Surabaya.

Staf Ahli Walikota Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Kota Surabaya M. Afghani Wardhana mengatakan sudah saatnya Kota Pahlawan melakukan recovery (pemulihan) kesehatan melalui kegiatan olahraga.

“Saya mengapresiasi Persebaya sudah melangkah terlebih dahulu. Paling tidak ini menjadi momentum,” kata Afghani.

Kegiatan kali ini diikuti oleh 1.300 peserta yang tidak hanya berasal dari Kota Pahlawan, melainkan dari berbagai daerah.

BACA JUGA: Menikmati Kesejukan dan Daya Tarik Wisata Taman Flora Bratang Surabaya

Kegiatan Green Force Run 2023 dibagi tiga kelas yakni, kelas 10 KM, 5 KM, dan 2 KM untuk peserta anak-anak.

Adapun rute 10 KM start dari Jalan Made, Konjen Amerika Serikat, Masjid Baitur Rozak Citra Raya, Jalan Telaga Utama, Patung Kubus, District 9, Patung Bola, dan finish di Jalan Made.

Tak hanya itu saja, dalam mendukung ekonomi kerakyatan yang diusung oleh Pemkot Surabaya, pada gelaran Green Force Run 2023 juga menggelar bazar UMKM yang diikuti oleh warga sekitar.

Afghani berharap kegiatan ini mampu menjadi multiplier effect. Yaitu pengembangan pariwisata olahraga yang mampu mempengaruhi perkembangan sektor yang lainnya. Mulai dari sektor olahraga, pariwisata, dan perekonomian.

BACA JUGA: 18 Calender of Event 2023 Siap Digelar Pariwisata Riau, Ini Daftarnya

“Yang paling penting ini adalah menjadi bagian dari  pariwisata olahraga karena pesertanya dari luar kota dan sebagainya,” katanya.

“Sehingga Surabaya menjadi tuan rumah even olahraga, sekaligus bagaimana mengembangkan UMKM dan mengembangkan destinasi wisata, serta olahraga,” sambungnya.

Sempat Vakum Selama Dua Tahun

Sementara itu, Direktur Bisnis Persebaya Lucia Cicilia mengatakan setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, kini Green Force Run 2023 kembali digelar.

Oleh sebab itu pihaknya ingin menyebarkan semangat dalam menjaga kesehatan melalui kegiatan perlombaan lari.

BACA JUGA: Kembangkan Tema Sport Tourism, Pemkot Jogja Gelar Night Fun Run

Bahkan, lanjut dia, pihaknya juga melibatkan UMKM Kota Surabaya untuk menjadi bagian dalam pergerakan ekonomi.

“Kegiatan ini sebagai bentuk upaya Persebaya untuk mengajak hidup sehat. Kami ingin semangat sehat itu bisa menggerakkan masyarakat Surabaya,” jelasnya.

Saat ini pihaknya belum berani membuka kuota peserta lebih banyak, karena masih pascapandemi COVID-19.

Senada dengan hal itu, Chief Marketing Officer (CMO) Kapal Api Group Christeven Mergonoto berharap kegiatan dalam bidang olahraga bisa membantu membangkitkan semangat masyarakat di Kota Surabaya.

Khususnya menyusul pertandingan olahraga baik berskala regional, nasional, dan internasional yang sempat terhenti akibat pandemi.

“Kami harapkan kegiatan seperti ini dapat membangkitkan semangat masyarakat Kota Surabaya setelah dua tahun absen dari acara positif seperti ini,” kata dia. ***

Pos terkait