Ada Perayaan Cap Go Meh Bogor Street Festival, Jalan-jalan Ini Dialihkan

Cap Go Meh
Event peragaan busana nasional untuk mencari dana acara Cap Go Meh, yang berlangsung di • Vihara Dhanagun, Kota Bogor, belum lama ini. (Instagram/@andi_m_ridwan's profile picture andi_m_ridwan)

TURISIAN.com – Perayaan Cap Go Meh Bogor Street Festival (CGM-BSF) yang akan berlangsung hari ini, Minggu 5 Februari 2023 di Jalan Suryakencana menyebabkan adanya rekayasa lalu lintas.

Akan ada penutupan jalan mulai pukul 15.00 WIB sampai parade Bogor Street Festival selesai dilaksanakan, yakni pukul 24.00 WIB.

Sementara juga ada  10 titik pengalihan arus. Yaitu Simpang Jalan Bangka, Lawang Suryakencana, Simpang Jalan Roda, Simpang Jalan Pedati, dan Simpang Jalan Lawang Seketeng.

Nantinya, arus kendaraan yang mengarah ke Jalan Suryakencana akan dialihkan menuju Jalan Empang saat karnaval melintas.

“Kemudian di titik utama Pintu 1 kebun raya akan disiapkan road barier atau water barier sebagai upaya kanalisasi penyebrang jalan dan menurunkan penumpang,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria, Sabtu 4 Februari 2023 saat menyampaikan, arus lalu lintas di Jalan Suryakencana bakal ditutup dan dialihkan.

BACA JUGA: Pengunjung TMII Tembus di 13.820 orang Saat Libur Tahun Baru Imlek

Lebih lanjut, Galih menjelaskan bahwa kepolisian akan bekerja sama dengan Jasa Marga dan Dishub Kota Bogor untuk terus memantau titik potensi kemacetan.

Apabila terjadi kepadatan cukup parah, maka petugas akan langsung mengatur arus lalu lintas. Berupa pengalihan arus kendaraan ke Exit Tol Bogor Selatan Sumarecon.

Rekasaya Situasional

Sejumlah rekayasa situasional akan diterapkan atas diskresi kepolisian dalam perayaan Cap Go Meh ini.

Pertama, dari Simpang Tugu Kujang, tidak ada lagi kendaraan yang mengarah ke Jalan Otista apabila jalur sudah padat.

Kedua, Simpang Baranangsiang dari arah tol dibelokkan ke kiri arah timur bila jalur Otista padat.

BACA JUGA: Liburan Imlek ke Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Klenteng Tertua di Singkawang

Ketiga, arus dari arah Cipaku atau Mbah Dalem yang akan belok ke Sukasari dialihkan lurus menuju Empang saat karnaval melintas.

Adapun tiga tahapan rekayasa lalu lintas kendaraan tersebut yaitu tahap hijau atau lancar.

Petugas yang sudah ter-plotting di titik-titik jalur dari Exit Tol Bogor akan bertugas memperlancar arus kendaraan dan pengendara yang keluar masuk.

Lalu tahap kuning atau kepadatan sekitar lokasi, yaitu prediksi kepadatan berada di titik pintu 1 Kebun Raya.

Atau jalan masuk Lawang Suryakencana akan dilakukan kanalisasi terhadap kendaraan yang berhenti menurunkan pengunjung atau orang yang menyeberang ke lokasi acara.

BACA JUGA: Menikmat 4 Ragam Kuliner Khas Bogor, Dari Tauge Goreng Hingga Laksa

Pada tahapan kuning ini sudah disiapkan kendaraan publik addres dan pengeras suara di pos-pos polisi.

Hal ini sebagai upaya pemberitahuan situasi arus lalu lintas agar tidak terjadi antrean yang bisa menimbulkan kemacetan.

“Sementara untuk tahapan merah atau kemacetan yaitu apabila terjadi antrean yang menimbulkan kemacetan sampai Tugu Kujang. Kita berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk mengalihkan kendaraan yang Exit Tol Bogor ke Exit Tol Bogor Selatan Summarecon,” tutupnya.

Pos terkait