Yuk Jalan-jalan ke Agro Eduwisata Ragunan Jakarta! Banyak Hal Menarik!

Agro Eduwisata Ragunan
Agro Eduwisata Ragunan, Jaksel, DKI Jakarta.

TURISIAN.com – Liburan di Jakarta tak melulu harus ke mall atau ke Ancol. Sobat Turisian pun bisa ajak keluarga jalan-jalan ke Agro Eduwisata Ragunan. Selain asyik dan menyenangkan, pulang dari sini bisa tambah wawasan baru soal lingkungan.

Objek wisata di Jakarta yang satu ini pendiriannya oleh Pemerintah Kota Jakarta Selatan yang bekerja sama dengan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian. Tujuannya sebagai tempat percontohan pertanian perkotaan untuk sarana edukasi.

Agro Eduwisata Ragunan merupakan pengembangan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Ragunan sebagai pusat penyediaan bibit tanaman. Milik Sudin (Suku Dinas) Kelautan Perikanan, dan Ketahanan Pangan.

Tempat ini memiliki luas area sekitar 2,2 hektare dan menjadi pusat edukasi percontohan pertanian perkotaan, khususnya di Jakarta Selatan. Lokasi di Jl. Poncol RT 1/ RW4, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Administrasi Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Selain menjadi tujuan wisata, kawasan ini pun menjadi sarana edukasi atau pembelajaran bagi masyarakat umum, komunitas, maupun siswa sekolah. Di sini Sobat Turisian bisa mengenal teknologi budidaya di sektor pertanian, peternakan, dan perikanan.

Baca juga: Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, Pilihan Wisata Alam Jakarta yang Memesona

Tak hanya teknologi budidaya, Agro Eduwisata Ragunan juga menjadi sarana pembelajaran untuk teknologi pengolahan hasil. Baik itu hasil pertanian, peternakan, maupun perikanan. Sehingga Sobat Turisian akan mendapat wawasan yang cukup lengkap.

Harapannya teknologi yang ada di sini, dapat masyarakat adopsi dan mengaplikasikannya di lingkungan masing-masing. Kegiatan yang agrowisata ini sajikan mencakup aktivitas dari hulu sampai hilir. Semisal dari perkebunan buah, Sobat Turisian bisa mengenal dari mulai proses penanaman biji, perawatan tanaman, hingga memanen hasil buahnya.

Daya Tarik Lain di Agro Eduwisata Ragunan

Berkunjung ke objek wisata Ragunan tersebut, Sobat Turisian bukan hanya dapat menikmati wisata edukasi. Tapi ada pula daya tarik lainnnya yang menarik kalian nikmati. Seperti menikmati atau membeli komoditas hasil sayuran segar, susu sapi segar, hingga ikan.

Tidak hanya menyediakan produk segar, tempat ini juga menawarkan beragam produk olahan hasil bumi tersebut. Produk ini merupakan karya dari kelompok UKM binaan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Baca juga: Inilah Wajah Baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta!

Ketika berada di Agro Eduwisata Ragunan Jakarta ini, Sobat Turisian juga jangan lupa untuk hunting foto atau swafoto berlatar kebun-kebun yang cantik. Jamin hasil fotonya akan ciamik dan instagenic untuk koleksi di akun medsos.*

 

 

Sumber & Foto: jadesta.kemenparekraf

Pos terkait